STUDI LOYALITAS MEREK SKINCARE SERUM WARDAH (STUDI KASUS PADA MAHASISWA UNIVERSITAS KH. A WAHAB HASBULLAH JOMBANG)

  • Ita Rahmawati Fakultas Ekonomi Universitas KH. A Wahab Hasbullah
  • Fingky Zulias Tari Fakultas Ekonomi Universitas KH. A Wahab Hasbullah
Keywords: Karakteristik Merek, Karakteristik Perusahaan, karakteristik Konsumen Merek & Loyalitas Merek

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui studi loyalitas merek skincare serum wardah pada mahasiswa Unviersitas KH. A Wahab Hasbullah Jombang. Dari 1.371 populsi Universitas KH. A Wahab Hasbullah sebanyak 39 mahasiswa yang  menggunakan serum Wardah.  Dapat diketahui hasil analisis regresi linier berganda nilai R quare sebesar 0,616 yang dapat diartikan variabel karakteristik merek, karakteristik perusahaan dan karakteristik konsumen merek dapat menjelaskan variabel loyalitas merek sebesar 61,6%, dengan sisanya sebesar 38,4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak digunakan. Sedangkan hasil uji F penelitian ini menunjukkan F hitung  sebesar 18.683 > F tabel sebesar 2.87 dengan maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat hubungan yang signifikan antara karakteristik merek, karakteristik perusahaan dan karakteristik konsumen merek. Pada uji T  menunjukkan bahwa variabel karakteristik merek dan karakteristik perusahaan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas merek serum wardah pada mahasiswa Universitas KH. A Wahab Hasbullah Jombang. Karena, T hitung pada karakteristik merek dan karakteristik perusahaan < T tabel. Sedangkan pada karakteristik konsumen merek T hitung >T tabel, maka dapat diartikan jika karakteristik koneumen merek mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas merek serum wardah pada mahasiswa Universitas KH. A Wahab Hasbullah Jombang

References

[1] Anwar, moch idochi. (2007). skala pengukuran variabel variabel penelitian. alfabeta.
[2] Arieska, P. K. dan N. H. (2018). Pemilihan Teknik Sampling Berdasarkan Perhitungan Efisiensi Relatif. Jurnal Statistika, 6(2), 166–171. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/statistik/article/view/4322/4001
[3] Dewi, M. (2017). Pengaruh Kepercayaan Merek terhadap Loyalitas Konsumen pada Produk Kosmetik Pixy (Studi Kasus pada Mahasiswi Universitas Samudra). Jurnal Manajemen dan Keuangan, 6(2), 749–759. https://doi.org/10.33059/jmk.v6i2.681
[4] Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). 327.
[5] Gitaniaty, S. (2009). Pengaruh Karakteristik Merek, Karakteristik Perusahaan, Karakteristik Konsumen- Merek terhadap Loyalitas Merek melalui Kepercayaan terhadap Merek (Studi Kasus pada Konsumen Obat Kumur Merek Listerine di Kota Semarang).
[6] Jiirusan, M. (2011). Pengaruh Karakteristik Merek, Karakteristik Perusahaan dan Karakteristik Konsumen Merek Terhadap Loyalitas Merek Pada Produk Ice Cream Wall’s Dikota Pekanbaru. Ekonomi, 19(September), 64–77.
[7] Nurfadila, Sutomo, M., & Asriadi. (2015). Pengaruh Citra Merek Dan Kepercayaan Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Merek Sepeda Motor Merek Honda Nurfadila. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako, 1(3), 319–332. jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Fekon/article/download/10633/8352
[8] Priansa, D. J. (2017). komunikasi pemasaran terpadu (1 ed.). cv pustaka setia.
[9] [9] Rahmawati. (2016). Manajemen Pemasaran. In University Mulawarman (1 ed.). Mulawarman University PRESS.
[10] Rini, L. Y., & Astuti, S. R. T. (2009). Studi tentang Loyalitas Merek. studi tentang loyalitas merek produk pelembab x, 16.
[11] Sa’adah, L. (2021). metode penelitian ekonomi dan bisnis (1 ed.). lppm universitas KH. A Wahab Hasbullah.
[12] Sudaryono. (2016). manajemen pemasaran. cv andi offset.
[13] Tjahyadi, & Arlan, R. (2006). Brand Trust dalam Konteks Loyalitas Merek: Peran Karakteristik Merek, Krakteristik Perusahaan, dan Karakteristik Hubungan Pelanggan-Merek. Jurnal Manajemen, 6(1), 65–78.
Published
2021-07-03
How to Cite
Rahmawati, I. and Tari, F. (2021) “STUDI LOYALITAS MEREK SKINCARE SERUM WARDAH (STUDI KASUS PADA MAHASISWA UNIVERSITAS KH. A WAHAB HASBULLAH JOMBANG)”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 10(1), pp. 113-118. doi: 10.47492/jih.v10i1.729.
Section
Articles