PENGARUH MOTIVASI, PERSEPSI DAN SIKAP KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HP OPPO

  • Ita Rahmawati Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen, Universitas K.H. A. Wahab Hasbullah
  • Rissalatul Illiyin Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen, Universitas K.H. A. Wahab Hasbullah
Keywords: Motivasi, Persepsi, Sikap Konsumen & Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tentang motivasi, persepsi dan sikap konsumen terhadap keputusan pembelian HP Smartphone merek OPPO. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh karyawan yang ada di perusahaan UD. SAMODRA JAYA yang berlokasi di kabupaten Jombang. Sampel dalam penelitian ini adalah karyawan pengguna Hp Oppo di UD. SAMODRA JAYA yang berjumlah sebesar 43 responden dengan menggunakan metode purposive sampling. Data sampel dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Metode analisis penelitian menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda dan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi, persepsi dan sikap konsumen secara simultan dan bersama-sama berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian HP Oppo. Berdasarkan hasil uji t dalam penelitian ini menunjukkan bahwa untuk variabel motivasi konumen (X1) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian HP smartphone Oppo. Dan untuk variabel persepsi konsumen (X2)   menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian HP Smartphone Oppo. Variabel sikap kosumen (X3) meunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Hp Smartphone Oppo

References

[1] ANGGRIANI, A. R. (2019). Pengaruh Motivasi Konsumen, Persepsi Kualitas Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ponsel Samsung. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
[2] Bagus, A. K. M. (2020). Pengaruh Motivasi, Persepsi dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek "HONDA" di Kawasan Surakarta.
[3] Dewi, S. K., Siburian, P. S., & Indriastuti, H. (2017). Pengaruh motivasi konsumen , persepsi dan sikap konsumen terhadap keputusan pembelian mobil The influence of consumer motivation , perceptions and consumer attitudes toward car purchase decisions. 105–110.
[4] J. Setiadi, N. (2005). Perilaku Konsumen (2nd ed.). Prenada media.
[5] Keller Koltler. Kevin Lane Keller. (2017). Manajemen Pemasaran (12th ed.). PT. Macanan Jaya Cemerlang.
[6] Mahlia Elpi. (2018). Pengaruh Motivasi, Persepsi dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian pada Swalayan 838 Mart Ujung Tanjung Kabupaten Rokan Hilir.
[7] Maruto, D. R., Kusuma, A. A., & Yasa, N. N. K. (2015). Pengaruh Motivasi , Persepsi Kualitas , dan Sikap Konsumen Pada Perilaku Pembelian Ulang Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. E-Jurnal Manajemen Unud, 4(8), 2125–2144.
[8] Muhammad, A. (2019). Pengaruh motivasi, persepsi dan sikap konsumen terhadap keputusan pembelian jaringan internet pada pt telekomunikasi indonesia di kota batam. 4(1), 96–105.
[9] Neolaka, A. (2016). Metode Penelitian dan Statistik (2nd ed.). PT. Remaja Rosdakarya.
[10] Sa’adah, L. (2021). Metode Penelitian Ekonomi dan Bisnis (1st ed.). LPPM Universitas K.H. A. Wahab Hasbullah.
[11] Samad, A. (2013). Analisa Motivasi dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Kuliner malam Di Surabaya. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
[12] Sinambela, S., Ariswoyo, S., & Sitepu, H. (2014). Studi Perbandingan Antara Estimasi M Dengan Type Welsch Dengan Least Trimmed Square Dalam Regresi Robust Untuk Mengatasi Adanya Data Pencilan. Saintia Matematika, 2(3), 225–235.
Published
2021-07-03
How to Cite
Rahmawati, I. and Illiyin, R. (2021) “PENGARUH MOTIVASI, PERSEPSI DAN SIKAP KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HP OPPO”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 10(1), pp. 103-112. doi: 10.47492/jih.v10i1.728.
Section
Articles