PENGARUH PEMBELAJARAN MENDONGENG MELALUI MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP PERKEMBANGAN NILAI MORAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KB SIROJUL HUDA KECAMATAN CIOMAS`

  • Lucky Dewanti Universitas Muhammadiyah Bogor Raya
  • Heru Wardany Universitas Muhammadiyah Bogor Raya
  • Ririn Tjahyaningsih Universitas Muhammadiyah Bogor Raya
Keywords: Pembelajaran Mendongeng, Boneka Tangan, Nilai Moral, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran mendongeng melalui media boneka tangan terhadap perkembangan nilai moral anak usia 5-6 tahun di kb sirojul huda kecamatan ciomas pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian preexperimental dengan membandingan nilai pretest dan posttest dari satu kelas terdiri dari 13 siswa. Teknik penggumpulan data dilakukan dengan observasi, praktek di dalam kelas dan dokumentasi. Hasil penilaian pretest dan posttest, dapat di ketahui hasil penilain dimana penilaian perilaku nilai moral anak sangat berkembang signifikan di lihat dari kenaikan persentasi yang semakin meningkat dari hasil nilai terendah 22% dengan katagori anak belum berkembang sehingga dengan 84% dalam katagori anak berkembang sangat baik. Berdasarakan dari daftar distribusi t hitung pada 0,005 dengan db = N-1, 13-1 =12, diperoleh nilai t tabel sebesar 2.179. Dengan demikian t hitung 58,10 lebih besar dari nilai t tabel 1,78, sehingga Ho ditolak dan H1 di terima. Berdasarkan hasil analissi deskripsi, diperoleh nilai ratarata pretes 3,24 dan rata-rata posttest = 7,07. Dilihat dari hasil pretest dan posttest tersebut maka ada pengaruh yang signifikan pembelajaran mendongeng melalui media boneka tangan terhadap nilai moral anak usia 5-6 tahun di KB Sirojul Huda. Berdasarkan perhitungan rumus Uji t berpasangan dependent, diperoleh nilai t hitung = 58,10 dan t tabel = 2.1788. Berdasarkan perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima karena t hitung lebih besar dari t tabel 58,10 > 2.1788. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata pretest dan posttest. Sehingga dapat dikatakan ada pengaruh pembelajaran mendongeng melalui media boneka tangan terhadap perkembangan nilai moral anak usia 5-6 tahun di KB Sirojul Huda. 

References

[1] A WathonA Wathon.(2020). Implementasi Metode Bercerita Dengan Media Boneka Jari Dalam Meningkatkan Perkembangan Moral Anak Usia Dini.
[2] Agusriani, A., Rahman, U., Pratiwi, R. A., & Bunga, B. (2021). Analisis perkembangan moral anak tk b. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 4(2).
[3] Agusriani, A., Rahman, U., Pratiwi, R. A., & Bunga, B. (2021). Analisis perkembangan moral anak tk b. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 4(2).
[4] Arianti Arista, Wathon A.,(2020). Meningkatkan Bahasa Anak Melalui Bercerita Dengan Media Boneka Tangan.
[5] Carlis Purnia, Izza Fitri, Febriyanti.(2024). Pengaruh Metode Storytelling. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud: Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini.
[6] Cristina Oktavianisa Simamora, Hisardo Sitorus, & Rotua Samosir. (2023). Pengaruh Mendongeng Terhadap Kemampuan Menyimak Anak Usia 5-6
[7] Tahun di TK Bina Kreatif Kecamatan Sipoholon Tahun Ajaran 2022/2023. Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(3),
[8] Depdiknas.(2003). Undang-undang No.20 Tahun 2003.Tentang Sistem Pendidikan Nasioanl,Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.
[9] Dwi Hari Andayani, D. H. A., Lisa Adhrianti, L. A., & Alfarabi, A. (2024). Perspektif Paradigma Naratif dalam Aktivitas Mendongeng untuk Menanamkan Nilai Moral Anak Usia Dini: Studi Kasus pada Komunitas Kampung Dongeng Kito Bengkulu. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(4).
[10] iswari, I. W. ., Munajat, A. ., & Hurri, I. . (2021). Implementasi Media Boneka Tangan dalam Mengembangkan Karakter Kemandirian Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2).
[11] Kemendiknas. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Depertemen Pendidikan Nasional.
[12] Krögera,Tarja, Nupponenb Anne-Maria. Wayang sebagai Alat Pedagogis.2019.
[13] Liana, Gultom, C. R. ., & Silitonga, I. D.(2022). KEMAMPUAN MENULIS
[14] MENDONGENG Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 5(1).
[15] Makmur, Mair ( Teknik Mendongeng yang Menarik, Sukabumi: Farha Pustaka,dalam Arif Muzayin Shofwan,2020).
[16] Mukarromah, T. T., Hafidah, R., & Nurjanah, N. E. 2020). Kultur Pengasuhan Keluarga terhadap Perkembangan Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1).
Published
2025-06-27
How to Cite
Dewanti, L., Wardany, H. and Tjahyaningsih, R. (2025) “PENGARUH PEMBELAJARAN MENDONGENG MELALUI MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP PERKEMBANGAN NILAI MORAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KB SIROJUL HUDA KECAMATAN CIOMAS`”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 14(1), pp. 615-630. doi: 10.47492/jih.v14i1.3847.
Section
Articles