STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN DI PANTAI IMPOS KABUPATEN LOMBOK UTARA
Abstract
Strategi komunikasi pemasaran merupakan salah satu elemen penting yang berpengaruh besar terhadap jumlah kunjungan wisatawan ke suatu destinasi, karena melalui strategi ini masyarakat dapat dipengaruhi dengan berbagai pendekatan agar mengenal, tertarik, hingga akhirnya berkunjung dan bahkan kembali lagi bagi yang pernah datang sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan merumuskan strategi pemasaran pariwisata di Pantai Impos, Kabupaten Lombok Utara. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menunjukkan hasil penelitian bahwa pengelola wisata Pantai Impos telah menerapkan komunikasi pemasaran pariwisata terpadu (marketing communication mix), namun beberapa unsur seperti promosi, sumber daya manusia, dan hubungan dengan media masih belum optimal. Oleh karena itu, dibutuhkan pembinaan, evaluasi dan pemantauan secara berkala terhadap aspek-aspek tersebut. Salah satu hal yang juga perlu dikembangkan dalam jangka panjang adalah membentuk citra atau branding destinasi wisata untuk semakin meningkatkan daya tarik kunjungan wisatawan.
References
[2] Basu Swastha dan Irawan. 2005. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty. Bungin, Burhan. 2015. Komunikasi Pariwisata (Tourism Communication) Pemasaran dan
[3] Batra, R., & Keller, K. (2016). Integrating Marketing Communications: New Findings, New Lessons, and New Ideas. Journal of Marketing, 80, 122 - 145. https://doi.org/10.1509/jm.15.0419.
[4] Brand Destinasi. Edisi Pertama. Jakarta: Prenadamedia Group
[5] Brenda Kienan. 2001. Smaal Buneness Solution Ecommerce. Jakarta: Penerbit Gramedia.
[6] Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.
[7] Machdoedz, Mahmud. 2010. Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta: Cakra Ilmu . Morissan. 2010. Periklanan: Komunikasi Pemasaran Perpadu. Edisi Pertama. Jakarta: Kencana Prenada Group.
[8] Nesterenko, V. (2021). Marketing Communications: Ongoing Trends and Options. Virtual Economics.
https://doi.org/10.34021/ve.2021.04.04(2)
[9] Suhandang, Kustadi, 2010. Periklanan : Manajemen, Kiat dan Strategi. Jakarta: Nuansa. Sutisna. 2001. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: Remaja.