PENGGUNAAN TEKNOLOGI DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN TIKET DI PT A&T HOLIDAYS KOTA MATARAM

  • Yona Indrana Universitas Mataram
  • Adhitya Bagus Singandaru Universitas Mataram
  • Ihyana Hulfa Universitas Mataram
Keywords: Teknologi Digital, Penjualan Tiket, dan Agen Perjalanan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis “Penggunaan Teknologi Digital untuk Meningkatkan Penjualan Tiket di PT A&T Holidays Kota Mataram” Dalam era digital yang semakin berkembang, teknologi digital memainkan peran penting dalam mempermudah akses dan transaksi di berbagai sektor, termasuk industri pariwisata. PT A&T Holidays, sebagai salah satu agen perjalanan di Kota Mataram, dihadapkan pada tantangan untuk memanfaatkan teknologi dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, dengan data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang menggambarkan kondisi objek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknologi digital, seperti penggunaan platform pemesanan online, media sosial untuk promosi, dan meningkatkan kualitas pelayanan, telah memberikan dampak positif terhadap peningkatan penjualan tiket. Dengan memanfaatkan teknologi digital, PT A&T Holidays dapat menjangkau pasar yang lebih luas, meningkatkan efisiensi operasional, serta mempercepat proses transaksi, yang pada akhirnya berkontribusi pada peningkatan penjualan tiket secara signifikan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi agen perjalanan lainnya dalam mengoptimalkan penggunaan teknologi digital untuk memperluas pasar dan meningkatkan daya saing di industri pariwisata.

References

[1] Sanjaya, Ridwan dan Tarigan Josua. (2009). Creative Digital Marketing. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
[2] Chaffey, D. (2007). E-Bussiness and E-commerce Managemenet, 3rd Edition. Prentice Hall.
[3] Todor, R. D. (2016). Blending Traditional and Digital Marketing. Bulletin of the Transilvania University of Brasov. Economic Sciences. Series. 9(1)-51.
[4] Alma, Buchari. (2016). Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. Penerbit Alfabeta, Bandung.
[5] Malau, Harman. (2017). Manajemen Pemasaran: Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global. Alfabeta.
[6] Kotler, P., & Armstrong, G (2018). Principles of Marketing Global Edition 17th Edition. London: Pearson Education.
[7] Bienz, Nicholas. (2008). Electronic Ticketing: Electronic Business Course: Fribourg.
[8] Ng-Kruelle, G., Swatman, P.A. and Kruelle, O. (2006). E-Ticketing Strategy and Implementation in Open Access System The Case of Deutshe Bahn. No. 3, 86-113.
[9] Danuri, M. (2019). Perkembangan dan transformasi teknologi digital. Jurnal ilmiah infokam, 15(2).
[10] Nambisan, S. (2017). Digital Entrepreneurship: Toward a Digital Technology Perspective of Entrepreneurship. Entrepreneurship Theory and Practice, 41(6), 1029-1055. https://doi.org/10.1111/etap.12254 (Original work published 2017)
[11] Tjiptono, F., & Chandra, G. (2005). Manajemen kualitas jasa. Yogyakarta: Andi.
[12] Gawer, A., & Cusumano, M. A. (2014). Industry Platforms and Ecosystem Innovation. Journal of Product Innovation Management, 3, 417-433. https://doi.org/10.1111/jpim.12105
[13] Evans, D. S., & Schmalensee, R. (2016). Matchmakers: The new economics of multisided platforms. Harvard Business Review Press.
[14] Rizqi, Ghulam. (2025). Penggunaan Teknologi Digital Dalam Meningkatkan Kepuasan Jamaah Umrah Pada Pt Sahid Gema Wisata Tour. BS thesis. Falkultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi
[15] Kotler, P. dan K.L.Keller. (2008). Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Jakarta. Erlangga.
[16] Rosenberg, L. J., & Czepiel, J. A. (1984). A Marketing Approach for Customer Retention. Journal of Consumer Marketing, 1, 45-51. https://doi.org/10.1108/eb008094
[17] Jamilati, N., Anshori, M. I., & Salsabila, S. N. (2023). Penggunaan Teknologi Digital Untuk Meningkatkan Kinerja Pengelola Pariwisata Berkelanjutan Studi Kasus di Kabupaten Bangkalan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 154–169. Retrieved from https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/6102
[18] Parasuraman, A., Zeithaml, V. and Berry, L. (1998) SER-VQUAL: A multiple-item scale for measuring consumer perceptions of service quality. Journal of Retailing, 64, 12-40.
Published
2025-06-14
How to Cite
Indrana, Y., Singandaru, A. and Hulfa, I. (2025) “PENGGUNAAN TEKNOLOGI DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN TIKET DI PT A&T HOLIDAYS KOTA MATARAM”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 14(1), pp. 469-470. doi: 10.47492/jih.v14i1.3821.
Section
Articles