UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN “MAKE A MATCH” ANAK USIA 4-5 TAHUN

  • Ririn Tjahyaningsih Universitas Muhammadiyah Bogor Raya
  • Desi Nurillah Universitas Muhammadiyah Bogor Raya
  • Puji Yulianty Universitas Muhammadiyah Bogor Raya
  • Ida Ripda Universitas Muhammadiyah Bogor Raya
Keywords: Kemampuan Kognitif, Anak Usia 4-5 Tahun, Media Pembelajaran “Make a Match

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif berpikir simbolik anak usia 4-5 tahun di RA AL-BAYAN Kecamatan Pamijahan melalui media pembelajaran “Make a Match”. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) model kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya dilakukan lima kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 17 anak usia 4-5 tahun di RA AL-BAYAN Kecamatan Pamijahan yang terdiri dari 12 anak perempuan dan 5 anak laki laki. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, penilaian dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam peneliatan ini adalah kisi-kisi instrument penelitian dan rubrik peningkatan kognitif berpikir simbolik anak. Teknik analisis data dilakukan menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah apabila persentase menunjukan peningkatan dari tindakan sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran "Make a Match" dapat meningkatkan kemampuan kognitif data. Hal ini dapat dilihat dari kenaikan persentase nilai ratarata akhir persiklus. Pada pra siklus anak baru menunjukan kemampuan kognitif sebanyak 41%, yakni tingkat pencapaian perkembangan masih berkembang (MB). Sedangkan pada siklus 1 mencapai 65% berkembang sesuai harapan (BSH) dan di siklus 2 mencapai 89% yakni berkembang sangat baik (BSB). 

References

[1] Agustina, Aulia. 2023. Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dalam Mengenal Lambang Bilangan Menggunakan Model Make A Match Dengan Media Kartu Angka. Jurnal Inovasi Kreativitas Anak Usia Dini. Vol. 3 No. 1. Anggoro, M. Toha. 2010. Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka. Hal. 11
[2] Ardiana, Reni 2023. Implementasi Media Berbasis TIK untuk Pembelajaran Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 4, No. 1. Hal. 105
[3] Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta. hal.138 & 203.
[4] Ayu, Ni Putu, dkk. 2021. Ilmu Alamiah Dasar. Bandung: Nilacakra. Hal. 114
[5] Darmadi. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublihs. 114
[6] Daud, Muh, dkk. 2021. Buku Ajar Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Kencana. Hal. 118
[7] Fadilah, Aisyah dkk. 2023. Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR) Vol. 1, No. 2
[8] Faridy Faizatul. 2021. Mengapa Kamu, Nak?. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. Hal. 117-118
[9] Fitriana. 2021. Mengembangkan Kemampuan Aspek Kognitif Melalui Kombinasi
[10] Model Make a Match, Metode Bermain Angka Dan Media Papan Flanel Pada
[11] Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi Kreativitas Anak Usia Dini. Vol. 1 No.1. Hal. 25-30
[12] Hasanuddin. 2017. Biopsikologi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi. Banda Aceh: Unsyiah Press. Hal. 116
[13] Huda, Miftahul. 2012. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan. Model Terapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Hal. 242
[14] Ibrahim, M. A. dkk, 2022. Jenis, Klasifikasi, dan Karakteristik Media Pembelajaran. Al-Mirah: Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 4 No. 2. Hal. 111.
Published
2024-12-27
How to Cite
Tjahyaningsih, R., Nurillah, D., Yulianty, P. and Ripda, I. (2024) “UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN ‘MAKE A MATCH’ ANAK USIA 4-5 TAHUN”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 13(2), pp. 381-394. doi: 10.47492/jih.v13i2.3740.
Section
Articles