PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIF INTEGRATED READING AND COMPOSITION) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERAMAH DITINJAU DARI MINAT MENULIS SISWA SMA MUHAMMADIYAH PURASEDA

  • Muhammad Ichsan Nurjam’an Universitas Muhammadiyah Bogor Raya
  • Nina Nina Universitas Muhammadiyah Bogor Raya
  • Dyah Aristi Sazada Universitas Muhammadiyah Bogor Raya
Keywords: Model Pembelajaran CIRC, Minat Menulis, Teks Ceramah.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model CIRC terhadap keterampilan menulis teks ceramah ditinjau dari minat menulis di kelas XI SMA Muhammadiyah Puraseda. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen uji anova dua faktor. Untuk mengetahui pengaruh model CIRC digunakan dua sampel yang terdiri dari kelas minat tinggi dan kelas minat rendah, kedua kelas tersebut di berikan perlakuan yang sama yaitu pembelajaran dengan menggunakan model CIRC dan model ceramah. Pengumpulan data dimulai dengan melakukan penyebaran angket untuk mengetahui tingkat minat siswa dan dilanjutkan dengan proses pembelajaran. Kemudian selanjutnya membandingkan hasil tes antara kelas minat tinggi dan kelas minat rendah untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari minat dan model yang dipakai. Melalui perhitungan anova dua arah diketahui bahwa nilai rata-rata siswa pada kelas minat tinggi dengan menggunakan model CIRC yaitu 87,17 dan yang menggunakan model ceramah yaitu 73,86. Sedangkan nilai rata-rata kelas minat rendahn dengan menggunakan model CIRC yaitu 70,03 dan yang menggunakan model ceramah yaitu 49,31. Selain itu, diketahui nilai Fhitung > Ftabel, dengan: (1) Faktor A (Minat) : Fhitung 168,8382535 > Ftabel 3,92583427; (2) Faktor B (Model) : Fhitung 112,5259154 > Ftabel 3,92583427; (3) Faktor C (Interaksi antara Minat dan Model) : Fhitung 5,339433343 > Ftabel 3,92583427. Berdasarkan hipotesis yang sudah dirumuskan di BAB I, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya terdapat pengaruh model CIRC terhadap keterampilan menulis teks ceramah ditinjau dari minat menulis di kelas XI SMA Muhammadiyah Puraseda.

References

[1] A. Octaria, S. (2020). MODEL-MODEL PEMBELAJARAN. DEEPUBLISH.
[2] Azizah, A. N., & Yanti, P. G. (2022). Efektivitas Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) terhadap Keterampilan Berkomunikasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7619–7626. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3605
[3] Christina, L. V., & Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Group Investigation (Gi) Dan Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas 4. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 217. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p217-230
[4] Edi Sudarto, Indah Ika Ratnawati, Luwes Handayani, Mufidah Mufidah, & Swasti Maharani. (2023). Pelatihan Penggunaan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Bagi Guru SMAN 4 Balikpapan untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Ceramah Peserta Didik. Jurnal SOLMA, 12(1), 82–88. https://doi.org/10.22236/solma.v12i1.11154
[5] Koa, J. V. A. A., & Mutia, K. D. L. (2021). Pengaruh Persepsi, Motivasi, Minat, Dan Pengetahuan Tentang Pajak Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Nusa Cendana Terhadap Pilihan Berkarir Di Bidang Perpajakan. Jurnal Akuntansi : Transparansi Dan Akuntabilitas, 9(2), 131–143. https://doi.org/10.35508/jak.v9i2.4856
[6] MAHSUN, M. (2019). Upaya Meningkatakan Keterampilan Menulis Dengan Teknik Rcg (Reka Cerita Gambar) Pada Siswa Kelas Vi Sdn Buse Kecamatan Praya, Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 3(1), 32–46. https://doi.org/10.58258/jisip.v3i1.631
[7] Maknun, L., & Kamila, H. (2022). Model Pembelajaran dalam Rangka Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka di Era New Normal pada Tingkat Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(1), 684–691. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2004
[8] Mirdad, J., & Pd, M. I. (2020). Model-Model Pembelajaran ( Empat Rumpun Model Pembelajaran ). 2(1), 14–23.
[9] Mukri, R., & Arby, A. A. (2022). PENGEMBANGAN KARAKTER GURU MELALUI KETERAMPILAN MENULIS ARTIKEL Info Artikel Abstrak
[10] Sistem Pendidikan Nasional menegaskan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka. 01, 33–44.
[11] Ningrum, A. S. (2018). INTENSITAS MENGIKUTI MATA KULIAH PENULISAN ARTIKEL DAN MINAT MENULIS DI SURAT KABAR PADA MAHASISWA KPI FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI
[12] UIN SUNAN KALIJAGA. Gender and Development, 120(1), 0–22. http://www.uib.no/sites/w3.uib.no/files/attachments/1._ahmed- affective_economies_0.pdf%0Ahttp://www.laviedesidees.fr/Vers-une- anthropologie-critique.html%0Ahttp://www.cairn.info.lama.univ- amu.fr/resume.php?ID_ARTICLE=CEA_202_0563%5Cnhttp://www.cairn.i nfo.
[13] Nurgiyantoro, B. (2016). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi.BPFE-Yogyakarta.
[14] Purnami, P. (2022). Upaya Mengembangkan Minat Menulis Siswa Melalui Gawai Menuju New Normal. Jurnal Ilmiah WUNY, 3(2), 61–74. https://doi.org/10.21831/jwuny.v3i2.42634
[15] Rahmi, I., Nurmalina, N., & Fauziddin, M. (2020). Penerapan Model Role Playing Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 2(1), 197–206. https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.1164
[16] Rufaidah, F. K., & Ekayanti, A. (2022). Hubungan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Motivasi Belajar & Kemampuan Pemecahan Masalah. Edupedia, 5(2), 202. https://doi.org/10.24269/ed.v5i2.1005
[17] Sardila, V. (2015). Strategi Pengembangan Linguistik Terapan Melalui Kemampuan Menulis Biografi Dan Autobiografi: Sebuah Upaya Membangun Keterampilan Menulis Kreatif Mahasiswa. Jurnal Pemikiran Islam, 40(2), 110–117. https://scholar.google.co.id
Published
2024-12-27
How to Cite
Nurjam’an, M., Nina, N. and Sazada, D. (2024) “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIF INTEGRATED READING AND COMPOSITION) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERAMAH DITINJAU DARI MINAT MENULIS SISWA SMA MUHAMMADIYAH PURASEDA”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 13(2), pp. 373-380. doi: 10.47492/jih.v13i2.3739.
Section
Articles