PENGEMBANGAN KREATIVITAS MELALUI KEGIATAN BERMAIN SAINS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

  • Nurdini Ferianti Universitas Muhammadiyah Bogor Raya
  • Heru Wardany Universitas Muhammadiyah Bogor Raya
Keywords: Kreativitas, Bermain Sains, Anak Usia Dini

Abstract

Usia dini diyakini sebagai masa kreatif yang ditunjukkan anak dalam bentuk kreativitas yang original dengan frekuensi kemunculannya seolah tanpa terkendali. Usia tersebut juga merupakan fase kehidupan yang unik dengan karakteristik khas, baik secara fisik, psikis, sosial, dan moral. Karakteristik ini ditandai dengan kemampuan belajar anak yang luar biasa, yakni keinginan anak untuk belajar aktif dan eksploratif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas anak melalui kegiatan bermain sains. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik usia 5-6 tahun di kelompok B TK Islam Fatimah Cinere Depok, semester II tahun pelajaran 2021/2022. Adapun jumlah anak didik kelompok B TK Islam Fatimah Cinere Depok adalah 10 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas pendamping. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kreativitas anak melalui kegiatan bermain sains, yakni kreativitas pra siklus sebesar 26,60%, peningkatan kreativitas siklus I sebesar 54,14% dan peningkatan kreativitas siklus II mencapai 0.833%. Untuk meningkatkan kreativitas  anak melalui bermain sains juga didukung oleh beberapa indikator yaitu reaksi kreatif, perhatian, mengaitkan ide atau gagasan dan pengembangan imajinasi. Kesimpulan dari penelitian  ini adalah bahwa pengembangan kreativitas dapat ditingkatkan melalui kegiatan bermain sains pada anak.

References

[1] Bucciol, A., Houser, D., & Piovesan, M. (2011). Temptation and productivity: A field experiment with children. Journal of Economic Behavior and Organization, 78(1-2). https://doi.org/10.1016/j.jebo.2010.12.013
[2] Forsythe, A. (2019). Howard Gardner. In Key Thinkers in Individual Differences. https://doi.org/10.4324/9781351026505-21
[3] Sumaji dkk. 1998. Pendidikan Sains yang Humanistis. Yogyakarta: KANISIUS (Anggota IKAPI).
[4] Rahmawati. 2005. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Usia Taman KanakKanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
[5] Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, hlm. 108.
[6] Tatang M Amirin, Menyusun Rencana Penelitian, (Jakarta: Rajawali Pers, 1990), hlm. 130.
[7] M. Toha Anggoro, dkk, 2011. Metode Penelitian. Jakarta. Universitas Terbuka. hal. 5.2
[8] Suharsimi Arikunto & Supriadi Suhardjono. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Angkasa.
Published
2024-12-27
How to Cite
Ferianti, N. and Wardany, H. (2024) “PENGEMBANGAN KREATIVITAS MELALUI KEGIATAN BERMAIN SAINS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 13(2), pp. 359-364. doi: 10.47492/jih.v13i2.3736.
Section
Articles