KOLABORASI PENGASUHAN ORANGTUA DAN GURU DALAM MEMBANTU PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL PADA ANAK USIA 5 - 6 TAHUN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kolaborasi pengasuhan orangtua dan guru dalam meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia 5 – 6 tahun di PAUDQU Tunas Al-Falaq kecamatan Citeureup Bogor melalui pola asuh yang di gunakan oleh orangtua dan guru di rumah dan di sekolah Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif studi kasus Subjek penelitian ini adalah 16 anak usia 5 - 6 tahun di PAUDQU Tunas Alfalaq Citeureup Bogor yang terdiri dari 6 anak perempuan dan 10 anak laki laki. Teknik pengumpulan datanya menggunakan Angket , Lembar observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam peneliatan ini adalah kisi-kisi instrument penelitian dan rubrik peningkatan aspek sosial emosional anak usia 5 – 6 tahun. Teknik analisis data dilakukan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan data yangdidapatkan perkembangan sosial emosional anak dapat meningkat. Hal ini dapat dilihat dari pola asuh orangtua dan guru yang rata – rata menggunakan pola asuh otoriter dan demokratis pada anak.
References
[2] Akhmad Mukhlis , (2019). ANALISIS PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI PADA PERMAINAN TRADISIONAL, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
[3] Apriastuti, Dwi Anita. (2013). Analisis Tingkat Pendidikan Dan Pola Asuh Orangtua Dengan Perkembangan Anak Usia 48 – 60 Bulan. Bidan Prada: Jurnal Publikasi Kebidanan Akbid YLPP Purwokerto 4 (01). http://ojs.akbidylpp.ac.id/index.php/Pra da/article/view/28.
[4] Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. (Jakarta: Rineka Cipta. 2006), hlm 225
[5] Borba, Michele. (2011). The Big Book of Parenting Solutions, Jakarta: Elex Media Komputindo
[6] Bennet, P., Elliot, M., Peters, P. (2005). “Classroom & Family Effects on Children’s Social and Behavioral Problems”. The Elementary School Journal, 105, 5: Proquenst Education Journal, pp 461.
[7] Campbell, SB (2002). Behaviour Problems in Preschool Children: Clinical and Developmental Issues. USA: Guilford Press
[8] Dian Putra, Yudithia. (2022). Jurnal Eksklusif. Pembekalan Kepala PAUD dan Pembinaan Profesional Guru di TK Anak Shaleh Malang, Volume 19, 121
[9] Fahmi, Elsa Cindrya. 2020 "Dampak Pengasuhan Orangtua terhadap Perilaku Sosial Anak Usia Dini di Kecamatan Indralaya," Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Vol. 4, No. 1, Juni 2020,hal. 96
[10] Gettinger, M (2001). “Development and Implementation of a Performance Monitoring System for Early Childhood Education”. Early Childhood Education Journal, Vol. 29 No.1
[11] Hastuti, D. (2015). Pengasuhan: Teori dan prinsip serta aplikasinya di Indonesia.Bogor: IPB Press.
[12] Suharsono, Joko Tri, Aris Fitriyani, & Arif Setyo Upoyo. (2009). Hubungan Pola Asuh Orangtua terhadap Kemampuan Sosialisasi pada Anak Prasekolah di TK Pertiwi Purwokerto Utara. Jurnal Keperawatan Soedirman 4(3): 112–18. https://doi.org/10.20884/1.jks.2009.4.3 .239
[13] Sujiono, Yuliani. (2014). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks