UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI MEDIA FLASHCARD

  • Lucky Dewanti Universitas Muhammadiyah Bogor Raya
  • Suriyani Suriyani Universitas Muhammadiyah Bogor Raya
  • Ida Royani Universitas Muhammadiyah Bogor Raya
  • Siti Nurrahma Universitas Muhammadiyah Bogor Raya
Keywords: Media Flashcard, Perkembangan Bahasa, Anak Usia 4-5 Tahun.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perkembangan bahasa  anak di kelas A RA Nurul Ihsan melalui penerapan media flashcard. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang terdiri dari dua siklus, masing-masing dilaksanakan dalam empat pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari 20 anak berusia 4-5 tahun, dengan komposisi 11 anak perempuan dan 9 anak laki-laki. Pengumpulan data dilakukan melalui beberapa teknik, termasuk observasi, kegiatan belajar mengajar (KBM), tes kognitif, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH), catatan lapangan (field note), dan tes kognitif.  Analisis data dilakukan secara deskriptif, baik kualitatif maupun kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini ditetapkan berdasarkan perhitungan persentase; jika persentase mencapai 75% atau lebih, anak dianggap mengalami peningkatan dalam perkembangan bahasa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam perkembangan bahasa anak melalui penggunaan media flashcard. Peningkatan ini tercermin dari kenaikan persentase nilai rata-rata pada setiap siklus. Pada pra-siklus, perkembangan bahasa anak tercatat hanya 43%, yang mengindikasikan bahwa tingkat pencapaian perkembangan mereka belum memadai. Namun, pada siklus 1, persentase tersebut meningkat menjadi 73%, dan pada siklus 2 mencapai 85%. Dengan demikian, penelitian ini memberikan bukti empiris bahwa pemanfaatan media flashcard secara efektif dapat meningkatan perkembangan bahasa anak.

References

[1] Anisa Wiwin Handayani Anisawwn, Anita Chandra, and Joko Sulianto,
[2] “Perkembangan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Ditinjau Dari Aspek Fonetik Dan Aspek Semantik,” Generasi Emas 5, no. 1 (2022): 1–7 https://doi.org/10.25299/ge:jpiaud.2022.vol5(1).7482.
[3] Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, (Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2013), h. 3.
[4] Bromley, K. (1992). Language Arts: Exploring Connections. Boston, MA: Allyn and Bacon.
[5] Budi Tritjahjo, Penelitian Tindakan Kelas (PT Pustaka Pendidikan, 2018), 45.
[6] Danny Tritjahjo, “Penelitian Tindakan Kelas,” Jurnal Pendidikan, 2019, 91– 124,https://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/19730/9/BOOK_Tritjahjo Danny_Ragam dan Prosedur Penelitian Tindakan_Bab 9.pdf.
[7] Diah Wulan Sari, Tina Maharani, and Ahmad Durul Nafis, “Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak Melalui Media Gambar Berseri,” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara, 2019, 1–8.
Published
2024-12-27
How to Cite
Dewanti, L., Suriyani, S., Royani, I. and Nurrahma, S. (2024) “UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI MEDIA FLASHCARD”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 13(2), pp. 337-344. doi: 10.47492/jih.v13i2.3730.
Section
Articles