ANALISIS IMPLEMENTASI DIGITAL TOURISM SEBAGAI UPAYA PROMOSI PARIWISATA DI DESA WISATA KEMBANG KUNING LOMBOK TIMUR

  • Hasnia Minanda Universitas Mataram
  • Baiq Nikmatul Ulya Universitas Mataram
  • Mahmudah Budiatiningsih Universitas Mataram
  • Arya Anggara Universitas Mataram
  • Jingga Suryani Universitas Mataram
Keywords: Desa Wisata, Digital Tourism, Implementasi, Desa Kembang Kuning.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai implementasi digital tourism di Desa Wisata Kembang Kuning. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 8 strategi penerapan digital tourism di Desa Wisata Kembang Kuning Lombok Timur sudah diterapkan dengan baik. Pengelola telah mengikuti rekomendasi strategi yang telah diberikan terkait dengan upaya strategis yang efektif untuk mempromosikan pariwisata lokal menggunakan digital tourism seperti memanfaatkan platform digital seperti media sosial, situs web, dan konten digital sehingga berhasil memperluas jangkauan audiens dan meningkatkan daya tarik wisatawan. Penggunaan media digital juga membantu meningkatkan interaktivitas antara pengelola dan pengunjung, meningkatkan kepercayaan wisatawan terhadap layanan dan informasi yang disediakan.

References

[1] Minanda, H., Ulya, B. N., & Hulfa, I. (2024). Analisis Strategi Pengembangan Digital Tourism Sebagai Promosi Pariwisata di Desa Wisata Kembang Kuning Lombok Timur. Jurnal Ilmiah Hospitality, 13(1), 115-122.
[2] Itamar, H., 2016. Strategi Pengembangan Pariwisata di Kabupaten Tana Toraja, Makassar: Universitas Hasanuddin.
[3] Kementerian Pariwisata, 2019. Buku Pedoman Desa Wisata. Jakarta.
[4] Muljadi, P. (2012). Desa Wisata: Konsep dan Pengembangan Potensi Desa untuk Menjadi Destinasi Pariwisata. Journal of Tourism and Community Development, 1(1), 35-44.
[5] Nanda, W. D., Widianingsih, I., & Miftah, A. Z. (2023). The linkage of digital transformation and tourism development policies in Indonesia from 1879–2022: Trends and implications for the future. Sustainability, 15(13), 10201.
[6] Nasdini, Yazer. (2012). Digital Marketing Strategies that Millennials Find Appealing, Motivating, or Just Annoying. Journal of Strategic Marketing.Vol. 19, No.6, pp 489-499.
[7] Rani, D. P. M., 2014. Pengembangan Potensi Pariwisata Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur (Studi Kasus: Pantai Lombang). Jurnal Politik Muda, Vol. 3 No. 3, Agustus- Desember, pp. 412-421.
Published
2024-12-27
How to Cite
Minanda, H., Ulya, B., Budiatiningsih, M., Anggara, A. and Suryani, J. (2024) “ANALISIS IMPLEMENTASI DIGITAL TOURISM SEBAGAI UPAYA PROMOSI PARIWISATA DI DESA WISATA KEMBANG KUNING LOMBOK TIMUR”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 13(2), pp. 291-300. doi: 10.47492/jih.v13i2.3724.
Section
Articles