PENGARUH PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR ANAK DALAM PERKEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA DINI 5-6
Abstract
Salah satu aspek perkembangan anak usia dini adalah perkembangan Nilai Agama dan Moral. Penanaman Nilai Agama dan Moral bisa dilakukan melalui kegiatan pembelajaran menggunakan metode bermain peran. Bermain peran atau role playing adalah metode pembelajaran yang dimana siswa menirukan situasi dari tokoh-tokoh sedemikian rupa dengan tujuan mendramatisasikan dan mengekspresikan tingkah laku, ungkapan, gerak-gerik seseorang dalam hubungan sosial antar manusia. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan positif antara Pengaruh Penggunaan Metode Role Playing Terhadap Hasil Belajar Anak dalam Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini 5-6 Tahun di PAUD Pelangi CU Rancabungur Bogor. Teori dan jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Untuk mendapatkan data empiris pada variabel X (Metode Role Playing) dan Y (Hasil Belajar) yaitu dengan teknik metode eksperimen dan kontrol. Dari hasil perhitungan diperoleh berdasarkan perhitungan uji t-tes yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa nilai t-hitung 4,55 dan t-tabel = 2,073873 dengan taraf signifikan. Dengan demikian terdapat hubungan positif antara Pengaruh Penggunaan Metode Role Playing Terhadap Hasil Belajar Anak dalam Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini 5-6 Tahun di PAUD Pelangi CU Rancabungur Bogor.
References
[2] Aprida, Siti Nurul., Suyadi. 2022. Implementasi Pembelajaran Alquran terhadap Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini. Jurnal PAUD. Volume 6 Issue 4 (2022). Hal: 2464. DOI: 10.31004/obsesi.v6i4.1959
[3] Arini, Ni Ketut Sri., dkk. 2021. Implementasi Metode Bermain Peran terhadap Peningkatan Perkembangan Bahasa Anak di TK Darma Kimara di Desa Munduktemu Kecamatan Pupuan Kabupaten Tabanan.Jurnal PG PAUD. Volume 1 No 2 Hal 64.
[4] Athfal, Raudhatul. 2020. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol. 4, No. 2.
[5] Hasbiah HS dkk,2022. Pengaruh Metode Pembelajaran Demonstrasi dan Minat terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 4 Nomor 3. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2613. Hal: 3383.
[6] Inawati, Asti. 2017. Strategi Pengembangan Moral dan Nilai Agama Untuk Anak Usia Dini. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak. Vol. 3 (1), hal: 53.
[7] Tarmizi Hasibuan, Ahmad., dkk, 2022. Kreativitas Guru menggunakan Metode Pembelajaran PKn di SDN 010 Hutapuli. Jurnal Pendidikan Tambusai.Volume 6 Nomor 2 Hal: 9949.
[8] Juhriati, Ika dan Azi Matur Rahmi, 2022. Implementasi Nilai Agama dan Moral melalui Metode Esensi Pembinaan Perilaku pada Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Volume 6 Issue 2. Hal 1075. DOI: 10.31004/obsesi.v6i2.1147.
[9] Nanaeke, 2022. Pengembangan Nilai Agama Melalui Metode Bermain Peran pada Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Early Childhood Education. Volume 5, Nomor 1, Juni 2022.
[10] Nurmukjizatiah, Masayu., dkk. 2022. Pengaruh Metode Bercerita Tema Islami terhadap Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini di Kelompok B PAUD Sultan Agung 1 Ilir Palembang. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Hal: 2089
[11] Nurmukjizatiah, Masayu., dkk. 2022. Pengaruh Metode Bercerita Tema Islami terhadap Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini di Kelompok B PAUD Sultan Agung 1 Ilir Palembang. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Hal: 2089.
[12] Permendikbud RI No 18 Tahun 2018 tentang Penyediaan Layanan Pendidikan Anak Usia Dini.
[13] Rahman, Sunarti. 2021. Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Gorontalo. Hal: 297.
[14] Sit, Masganti. 2017. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini, Depok: Kencana. Hal. 169-170.
[15] Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung. Hal: 99
[16] Susanto, Ahmad. 2017. Pendidikan anak usia dini. Jakarta : Bumi aksara. Hal: 1
[17] Talongo, Sitti Rahmawati. 2022. Konsep Perkembangan Anak Usia Dini. IAIN Sultan Amai Gorontalo. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Vol 1 (1). Hal: 94.
[18] Uce, Loeziana. 2017.The Golden Age:Masa efektif merancang masa depan anak.Jurnal Pendidikan Anak. – jurnal.ar-raniry.ac.id hal:80.