PENGARUH TUNJANGAN PROFESI TERHADAP KINERJA GURU PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA SDN. 004 DESA LONG BELUAH KECAMATAN TANJUNG PALAS BARAT KABUPATEN BULUNGAN

  • Jimmy N Program Studi Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Kaltara
  • Iskandar Iskandar Program Studi Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Kaltara
Keywords: Teacher allowance, profession allowance, teacher work

Abstract

This research  is  to know  the influence  of  profession  allowance  on civil servent  teacher  work  in SDN.  004  Desa  Long  Beluah  / Long  Beluah  village.  West Tanjug  Palas  district.  Bulungan  Regency.  The kind  of research  is observed  from  used  data  and  the  explanation  level 

Based  on  the  research  result  and the  disscassion  known that  kind  of  allowance  generally  is  accepted  by  civil  servent  teacherin SDN.  004  Desa Long  Beluah  /  Long Beluah Village  west  tanjung Palas district  is  income  impiovement  allowance  (TPP)  Central  allowance program,  and certification  allowance  is  accepted every  early  month  as  main  salary  and  every  three  months  for  each  allowance  the  civil  cervent  teacher  who  accepts the  profession  allowance  in  SDN.  004  Desa Long  Beluah  /  Long Beluah Village  west  tanjung  Palas  district  is  six  people.  Then  teacher  work  in  SDN.  004  Desa  Long  Beluah  /  Long  Beluah  Village  west  tanjung Palas  district  is  measured  by  the  following  indicators:  pedagogic  competition,  individual,  professional  and  social  competition  from the  analysis  result and  te discussion  in  known  that  teacher  work  in  SDN.  004  Desa  Long  Beluah  /  Long  Beluah  Village  west  tanjung  Palas  district   over all is  high  enough  and  also  the  proffesion  allowance  has  positive  influence  or  significan  on  teacher  work  in  SDN.  004  Desa Long  Beluah  /  Long  Beluah  Village  west  tanjung  Palas  district.

References

Basyiruddin dan Syafruddin Nurdin. (2003). Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum. Jakarta: Ciputat Press.

Idrus Muhammad. (2009). Metode Penelitian Ilmu Sosial : Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Edisi Kedua. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Mangkunegara A.A. Anwar Prabu. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2007). Standar Kompetensi Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2002). Metode Penelitian Administrasi. Cetakan Kesembilan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Usman Muhammad Uzer. (2003). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. remaja Rosdakarya.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2009 tentang Tunjangan Profesi Guru dan Dosen, Tunjangan Khusus Guru dan Dosen, serta Tunjangan Kehormatan Profesor.

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 41/PMK.07/2013 tentang Pedoman Umum dan Alokasi Tunjangan profesi Guru Pegawai negeri Sipil Daerah kepada Daerah provinsi, Kabupaten, dan Kota tahun Anggaran 2013.

Pedoman Pelaksanaan Penyaluran Tunjangan Profesi Tahun 2009 Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2009.

Petunjuk Teknis Pembayaran Tunjangan Profesi bagi Guru Pegawai Negeri Sipil Daerah melalui Mekanisme Dana Transfer Daerah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2012
Published
2023-12-31
How to Cite
N, J. and Iskandar, I. (2023) “PENGARUH TUNJANGAN PROFESI TERHADAP KINERJA GURU PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA SDN. 004 DESA LONG BELUAH KECAMATAN TANJUNG PALAS BARAT KABUPATEN BULUNGAN”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 12(2), pp. 623-640. doi: 10.47492/jih.v12i2.3057.
Section
Articles