ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MENDORONG PEREMPUAN UNTUK BERWIRAUSAHA DI BIDANG KULINER KELURAHAN KALIBOBO KABUPATEN NABIRE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan memahami fenomena perempuan berwirausaha di bidang kuliner di Kelurahan Kalibobo, Kabupaten Nabire, Papua. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik wawancara semi terstruktur kepada 10 informan yang merupakan perempuan yang berwirausaha di bidang kuliner di lokasi penelitian. Penelitian ini menggunakan empat teori sebagai landasan teori, yaitu teori motivasi, teori sumber daya, teori jaringan sosial, dan teori gender. Hasil penelitian menunjukkan bahwa informan memiliki motivasi intrinsik dan ekstrinsik yang tinggi, sumber daya yang cukup, jaringan sosial yang baik, faktor struktural yang rendah, faktor agensial yang tinggi, dan keputusan berwirausaha yang tinggi untuk berwirausaha di bidang kuliner. Penelitian ini memberikan saran bagi perempuan berwirausaha di bidang kuliner, pemerintah, dan peneliti selanjutnya untuk mempertahankan dan meningkatkan faktor-faktor yang mendukung dan mengatasi faktor-faktor yang menghambat kewirausahaan perempuan di bidang kuliner
References
[2] Barney, J. (1991). Firm Resources And Sustained Competitive Advantage. Journal of Management, 17(1), 99-120.
[3] Brush, C., de Bruin, A., & Welter, F. (2009). A gender-aware framework for women’s entrepreneurship. International Journal of Gender and Entrepreneurship, 1(1), 8-24.
[4] Granovetter, M. (1973). The strength of weak ties. American Journal of Sociology, 78(6), 1360-1380.
[5] Hasanah, U., Sari, R. P., & Pratama, A. (2021). Potensi usaha kuliner di Kelurahan Kalibobo, Kabupaten Nabire, Papua. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 18(1), 45-54.
[6] Hisrich, R., Peters, M., & Shepherd, D. (2017). Entrepreneurship (10th ed.). New York.
[7] Kurniawati, D., Rahayu, S., & Hidayat, R. (2020). The effect of entrepreneurial motivation, competence, and network on the performance of women entrepreneurs in culinary sector. Journal of Economics, Business, and Accountancy Ventura, 23(1), 1-10.
[8] Nuraini, R., Suryana, Y., & Suhendar, E. (2019). The role of social capital and gender in women's entrepreneurship in rural areas. International Journal of Gender and Entrepreneurship, 11(4), 389-405.
[9] Nurhayati, R., Suryana, Y., & Suhendar, E. (2020). The influence of motivation, competence, capital, and network on the success of women entrepreneurs in culinary sector. Journal of Entrepreneurship, Business and Economics, 8(2), 1-25.
[10]Pratiwi, A., Suryana, Y., & Suhendar, E. (2019). The effect of motivation, competence, and capital on the performance of women entrepreneurs in culinary sector. International Journal of Entrepreneurship, 23(1), 1-15.
[11]Puspitasari, E., Suryana, Y., & Suhendar, E. (2020). The role of motivation, competence, capital, and network in women's entrepreneurship in conflict areas. Journal of Global Entrepreneurship Research, 10(1), 1-18.
[12]Rahmawati, A., Suryana, Y., & Suhendar, E. (2017). The influence of motivation, competence, and capital on the performance of women entrepreneurs in culinary sector. Journal of Entrepreneurship, Business and Economics, 5(2), 1-19.
[13]Saputri, E., Suryana, Y., & Suhendar, E. (2018). The influence of motivation, competence, capital, and network on the performance of women entrepreneurs in culinary sector. Journal of Entrepreneurship, Business and Economics, 6(2), 1-24.
[14]Telussa, R. P. (2019). Partisipasi Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan pada Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kecamatan Sirimau Kota Ambon. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan, 7(2), 96-105