DAMPAK PRODUCT, PRICE DAN PLACE KEPUTUSAN MEMBELI PRODUK MAKANAN KHAS MELAYU DI KOTA PEKANBARU

  • Dewi Sartika Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Persada Bunda
  • Sri Mulyana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Persada Bunda
Keywords: Produk, Harga, Tempat, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Produk, Harga dan Tempat terhadap keputusan pembelian makanan khas melayu di kota Pekanbaru. Variabel independen terdiri dari produk (X1), harga (X2), dan tempat (X3). Variabel dependen adalah keputusan pembelian (Y). Dalam penelitian ini, sampel sebanyak 97 responden yang diambil dengan menggunakan teknik accidental sampling dan dianalisis dengan regresi linier berganda menggunakan software SPSS 21. Hasil pengujian membuktikan bahwa (1) Produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian makanan khas melayu di kota Pekanbaru; (2) harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian makanan khas melayu di kota Pekanbaru, (3) Tempat berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian makanan khas melayu di kota Pekanbaru

References

[1] Basu Swastha dan Ibnu Sukotjow. 2017. Pengantar Bisnis Modern Yogyakarta: Liberty Yogyakarta
[2] Ghazali. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan IBM SPSS Badan Penerbit Universitas Diponegoro
[3] Hidayat, T.2020.Analisis pengaruh produk, harga,promosi dan lokasi terhadap keputusan pembelian. Jurnal ilmiah Manajemen.Volume 17 no.2, 2020.
[4] Indrasari M. 2019. Pemasaran & Kepuasan Pelanggan. Surabaya : Unitomo Press
[5] Kusumaningrum,DA dan Christian, F.2023. Pengaruh produk, harga, promosi dan lokasi terhadap keputusan pembelian Fusion Cake di AMKC Atelier, Jakarta. Jurnal disrupsi Bisnis. Vol 6 no 2 Maret 2023.
[6] Nurmansyah, (2018), Pengantar Manajemen Pemasaran, Unilak Press, Jakarta
[7] Priansa, Donni Juni. (2017). Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung : Alfabeta
[8] Ritongga, Zuriani. 2017. Faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pembelian makanan jajanan tradisional di Kelurahan Perdamean. Jurnal Ecobisma.Vol 4 No.2 Juni 2017
[9] Rizqi, RM dan Masniadi,R. 2022. Analisis Keputusan Pembelian Pada rumah Makan Tradisional di Sumbawa. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan (JISIP) Vol 6. Juli 2022.
[10] Sugiyono.2014. Metode Penelitian Manajemen. Bandung:Alfa Beta.
[11] Sustiyatik, Enni, Setiono, Beni,Agus.2019. Pengaruh Product, Price, Promotion, dan Place Terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhanan, Volume 10, Nomer 1, September 2019
[12] Wijaya dkk.2022. Strategi pengembangan industri roti Di kota pekanbaru (studi kasus rotte bakery garuda sakti). jurnal economica vol. x no 2, oktober 2022
[13] Yusriadi, Y. 2018. Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Restoran Cepat Saji O’Chicken di Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis
Published
2023-12-17
How to Cite
Sartika, D. and Mulyana, S. (2023) “DAMPAK PRODUCT, PRICE DAN PLACE KEPUTUSAN MEMBELI PRODUK MAKANAN KHAS MELAYU DI KOTA PEKANBARU”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 12(2), pp. 905-912. doi: 10.47492/jih.v12i2.2990.