KECERDASAN EMOSI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PERUSAHAAN X DI YOGYAKARTA
Abstract
Dalam era globalisasi ini, setiap perusahaan berusaha meningkatkan dan mengembangkan perusahaan dengan mengadakan berbagai cara yang tersusun dalam program untuk meningkatkan kinerja karyawan. Untuk dapat meningkatkan kinerja karyawan, karena suatu perusahaan memiliki sistem yang harus dipatuhi oleh semua karyawannya demi kemajuan perusahaan tersebut. Sumber daya manusia merupakan aset yang paling penting sebagai penggerak dinamika perusahaan. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosi terhadap kinerja karyawan di perusahaan X di yogyakarta. responden yang digunakan pada penelitian ini adalah sebanyak 36 karyawan perusahaan X di yogyakarta. penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik saturation sampling. yang mana merupakan metodologi penentuan sampel yang dilakukan bila semua anggota populasi mampu untuk dijadikan sampel dalam penelitian. untuk menilai kecerdasan emosi penulis memanfaatkan skala kecerdasan emosi dengan menunjukan nilai alpha cronbach sebesar 0,732. begitu pula dengan skala kinerja karyawan yang alpha cronbach menunjukan nilai 0,738.pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner menggunakan google form, sedangkan pada teknik analisis data pada penelitian ini yaitu uji regresi linier sederhana dengan bantuan program IBM SPSS Statistics 21 for windows. hasil penelitian ini menunjukan bahwa kecerdasan emosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dengan nilai r2 = 0.843. berdasarkan hasil pengujian t yang menunjukan bahwa kecerdasan emosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima.
References
[2] Laura Angelica, T., Nu Graha, A., & Wilujeng, S. (2020). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Karyawan Di Transformer Center Kota Batu. Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen, 6(1),1–7
[3] Al Safadi, Y., & Altahat, S. (2021). Human Resource Management Practices and Employee Performance: The Role of Job Satisfaction. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(1), 519–529.
[4] Murphy, K. R. (2020). Performance evaluation will not die, but it should. Human Resource Management Journal, 30(1), 13–31.
[5] Goleman, Daniel. 2005. Working With Emotional Intelligence. Terjemahan Alex Tri Kantjono W. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
[6] Diputra, I. K. S., & Mustika, I. N. (2022). Effect of Communication, Emotional Intelligence and Work Climate on Employee Performance at Mercure Sanur Resort Bali. Journal of International Conference Proceedings, 5(1).
[7] Rafia, R., Sudiro, A., & Sunaryo. (2020). The effect of transformational leadership on employee performance mediated by job satisfaction and employee engagement. International Journal 3 of Business, Economics and Law, 21(5), 119–125.
[8] Putra, A., Prihatini, D., & Priyono, A. (2020). Pengaruh kecerdasan emosional dan komitmen organisasional terhadap kinerja karyawan bagian busana Roxy Square Mall Jember dengan Organizational Citizenship Behavior (OCB) Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ekonomi Akuntansi Dan Manajemen, 19(1), 15-29.
[9] Siswadi, Y., & Lestari, D. (2020). Effect Of Work Motivation, Emotional Intelligence And Work Discipline On Employee Performance. International Journal of Economic, Technology and Social Sciences, 2(1), 227–23.
[10] Osro, Z., Lumbanraja, P., Salim, S. R. A., & Absah, Y. (2018). The analysis of personality and work ability on the performance of outsourcing employees with work motivation as intervening variable at Pt Inalum (Persero) in Kuala Tanjung. Academic journal of economic studies, 4(2), 90-104.
[11] Basha, I. K., Abd El-Monaem, E. M., Khalifa, R. E., Omer, A. M., & Eltaweil, A. S. (2022). Sulfonated graphene oxide impregnated cellulose acetate floated beads for adsorption of methylene blue dye: optimization using response surface methodology. Scientific Reports, 12(1), 9339.
[12] Diamantidis, A. D., & Chatzoglou, P. (2019). Factors affecting employee performance: an empirical approach. International Journal of Productivity and Performance Management, 68(1), 171–193. https://doi.org/10.1108/IJPPM-01-2018-0012