EKONOMI KREATIF: STRATEGI UMKM KABUPATEN BANGKA BARAT GO NASIONAL DENGAN PENDEKATAN PERILAKU KONSUMEN
Abstract
Ekonomi kreatif menggambarkan bagaimana suatu kegiatan ekonomi dilakukan secara out of the box sehingga berbeda dengan kegiatan sebelumnya. Strategi UMKM kabupaten Bangka Barat memantapkan diri menuju Go nasional dengan memanfatkan digital marketing dengan pendekatan perilaku konsumen. Perilaku konsumen akan berfokus pada input, proses, dan output dari customer behavior berupa motivasi dan persepsi. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah para pelaku UMKM kabupaten Bangka Barat mampu mendeskripsikan penggunaan platform digital marketing sesuai dengan tipe perilaku konsumen yaitu Dominance (dominasi), influence (pengaruh), steadiness (kemantapan), dan Concientiousness (kehati-hatian).
References
[2] M. Bala, D. Verma (2018). A Critical Review of Digital Marketing. International Journal of Management, IT & Engineering, 8(10), 321–339
[3] Bughin, J. 2015. Brand success in an era of digital Darwinism. February: Mckinsey Quarterly
[4] Prasetyowati, Andy and Martha, Jefry Aulia and Indrawati, Aniek (2020) Digital Marketing. Edulitera (Anggota IKAPI – No. 211/JTI/2019).
[5] Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Jember. (2017). Perubahan Rencana Strategis Tahun 2016-2021. Jember: Pemerintah Kabupaten Jember.
[6] Kotler, P. (2012). Manajemen pemasaran edisi 12. Jakarta: Indeks
[7] P, K, Kannan. L,Hongshuang. (2016) “Digital Marketing: A Framework,Review and Research Agenda”International Journal of Research in Marketing.
[8] Pradiani, T. (2017). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap
Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Jibeka, 11(2), 46–53.
[9] Wardhana, Aditya. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada
Keunggulan Bersaing UMK di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan dan Bisnis IV (p. 327–337). Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.
[10] Kotler, P & Kevin, L. K. (2012). marketing management 13. New Jersey: Pearson Prentice Hall, Inc