ANALISIS PENGENDALIAN PIUTANG TAK TERTAGIH USAHA ANGGOTA KOPERASI KUNSUMEN PUSAT KUD NTB
Abstract
Penelitian ini menganalisis pengendalian piutang tak tertagih pada usaha anggota Koperasi Konsumen Pusat KUD-NTB. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yaitu menganalisis data dengan metode menentukan, mengumpulkan, mengklarifikasi, menganalisis, serta menginterpretasi sehingga menghasilkan gambaran yang jelas mengenai piutang tak tertagih bisa terkendali terhadap usaha anggota Koperasi. Untuk memperoleh data yang diperlukan, maka penulis menggunakan teknik observasi dan wawancara. Jenis data yang digunakan data primer dan data sekunder. Hasil dari penelitian ini pun memberikan nilai resiko kredit, Koperasi Konsumen Pusat KUD-NTB menerapkan 5C (Capacity, Character, Capital, Collateral dan Condition). Analisis kredit ini bertujuan untuk memberikan gambaran bagi Koperasi Konsumen Pusat KUD-NTB dalam memberikan piutang kepada anggota dalam melakukan pembayaran sesui jatuh tempo yang diberikan yang telah ditentukan. Kebijakan Koperasi Konsumen Pusat KUD-NTB dalam melakukan pengendalian piutang yaitu dengan mengestimasi piutang tak tertagih sebesar 5%. Apabila piutang tak tertagih lebih kecil dari 5%, maka pengendalian piutangnya baik. Tetapi, jika piutang tak tertagih lebih besar dari 5%, maka pengendalian piutangnya tidak baik. Dari metode penyisihan piutang tak tertagih dan penentuan taksiran dari kerugian piutang tak tertagih dengan menggunakan cadangan kerugian piutang dan analisis pada tahun 2021 sebesar 3,74% dan pada tahun 2022 sebesar 2,82% dari jumlah piutang.