PERENCANAAN PAKET WISATA PADA BIRO PERJALANAN WISATA INBOUND (STUDI KASUS DI PT. GOLDEN KRIS TOURS, BALI)
Abstract
Paket wisata merupakan bagian penting pada industri perjalanan, terkait dengan kualitas dan pengaruhnya terhadap kepuasan wisatawan. Merupakan kewajiban bagi operator wisata untuk menyikapi dengan teliti kualitas paket wisata, supaya tetap menghasilkan keuntungan dan menambah pengalaman serta memperpanjang masa tinggal bagi wisatawan di destinasi. Oleh karenanya, perencanaan harus dilakukan secara hati-hati ketika proses pembuatan dan pengembangan program untuk paket wisata, terutama yang melibatkan kerjasama dengan bisnis pariwisata lokal lain, seperti, hotel, transportasi, pemandu wisata, atraksi. Golden Kris Tours, sebagai salah satu industri pariwisata di Bali memiliki bagian produk, yang bertanggung jawab untuk membuat paket wisata sukses. Namun, terdapat kendala besar pada bagian ini yaitu keterbatasan karyawan yang dimiliki untuk menangani semua pekerjaan. Penelitian ini menggunakan metode uraian kualitatif. Pembatasan kunci informan pada penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel sacara sengaja. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi terkait produk wisata, paket wisata Golden Kris Tours. Selanjutnya, data tersebut dianalisa. Kesimpulan pada penelitian ini adalah proses perencanaan paket wisata di Golden Kris Tours mengalami korelasi jangka panjang. Untuk meningkatkan kinerja tim di bagian produk, perusahaan sebaiknya menambah karyawan. Atau, sebagai alternatif lain adalah melakukan pelatihan terus menerus terhadap karyawan, meningkatkan keperdulian karyawan dan menginformasikan paket wisata dengan baik