ANALISIS STILISTIKA ROMAN LAILA DAN MAJNUN KARYA NIZAMI GANJAVI SADURAN SHOLEH GISYMAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan pemakaian diksi dengan efek yang ditimbulkan terhadap pemajasan dan pencitraan serta sudut pandang penceritaan dan alur penceritaan yang digunakan dalam roman Laila dan Majnun karya Nizami Ganjavi saduran Sholeh Gisymar. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskriptif dengan tujuan untuk mendeskripsikan roman Laila dan Majnun dalam kajian stilistika. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa pemilihan diksi yang sebenarnya kebanyakan bermakna lugas. Majas yang ditimbulkan adalah majas simile, personifikasi, hiperbola, erotesis, alusi, repetisi, dan metafora, sedangkan pencitraan yang ditimbulkan dari hubungan diksi dan gaya bahasa yang terdapat dalam roman tersebut adalah citraan pengelihatan, pendengaran, penciuman, perasaan, gerak, dan rabaan. Gaya penceritaan yang digunakan dalam roman ini yaitu selalu menggunakan alur maju yang disisipi flash back pada bagian tengah cerita. Untuk penggunaan sudut pandang, roman ini selalu menggunakan sudut pandang orang pertama pelaku utama dan sudut pandang orang ketiga.
References
[2] Endraswara, Suwardi. 2008. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Med Press.
[3] Gisymar, Sholeh. 2008. Laila dan Majnun. Surakarta: Babul Hikmah.
[4] Keraf, Gorys. 1981. Diksi dan Gaya Bahasa. Ende-Flores: Nusa Indah.
[5] Koesomadinata, Billy. 2008. “Menentukan Sudut Pandang”, (http://belajarmenuliskreatif.blogspot.com/2008/10/menentukan-sudut-pandang.html). Diakses 2 Mei 2011.
[6] Najid, Mohammad. 2003. Mengenal Apresiasi Prosa Fiksi. Semarang: Unesa University Press.
[7] Nurgiyantoro, Burhan. 1995. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
[8] Nurhayati. 2008. Teori dan Aplikasi Stilistika. Indralaya: Universitas Sriwijaya.
[9] Putera, Nurmansyah. 1998. Analisis Puisi-puisi Anwar Putra Bayu. FKIP Universitas Sriwijaya: “Skripsi Tidak Diterbitkan.
[10] Roselina. 2001. Analisis Stilistik dalam Kumpulan Cerpen Sri Sumarah Karya Umar Kayam. FKIP Universitas Sriwijaya: “Skripsi Tidak Diterbitkan”.
[11] Samosir, Aldon. “Teknik Menulis Cerpen” (http://aldonsamosir. wordpress.com/2008/05/05/unsur-intrinsik-prosa.html). Diakses 2 Mei 2011.
[12] Siswanto, Wahyudi. 2008. Pengantar Teori Sastra. Jakarta: PT. Grasindo.
[13] Subroto, D.Edi, dkk. 1999. Telaah Stilistika Novel-novel Berbahasa Jawa Tahun 1980-an. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
[14] Sudjiman, Panuti. 1993. Bunga Rampai Stilistika. Bandung: Angkasa.
[15] Suyoto, Agustinus. 2008. Unsur-unsur Intrinsik Prosa Cerita, (http://72.14.235.132/search?q=cache:vzWNx0Ze6j0J:agsuyoto.files.wordpress.com/2008/03/unsurprosacerita.doc+sudut+panadang+dalam+cerita&hl=id&ct=clnk&cd=28&gl=id). Diakses 2 Mei 2011.
[16] Susanto, Dwi. 2007. Cerpen Alun-alun Seribu Patung Karya Danarto Kajian Stilistik, (http://dwisusanto.wordpress,com/2007/02/15/cerpen-alun-alun-seribu-patung-karya-danarto/html). Diakses 2 Mei 2011.
[17] Uccienk. 2009. Stilistika, (http://Uccienk.wordpress.com/2009/03/03/ stilistik/html). Diakses 2 Mei 2011.
[18] Veresly, Elvis. 2000. “Penanda Gender dalam Roman Salah Pilih Karya Nur Sutan Iskandar”. FKIP Universitas Sriwijaya: Skripsi Tidak Diterbitkan.
[19] Warisman, Noerif. 2008. “Stilistika”. (http://bagusprasetyo.blogspot.com/ 2008/07/stilistika.html). Diakses 2 Mei 2011.
[20] Wijaya, Hendri Sastra. 2003. “Kajian Struturalisme Genetik Novel Atheis Karya Achidat Kartamiharja”. FKIP Universitas Sriwijaya: Skripsi Tidak Diterbitkan.