PERSEPSI MASYARAKAT KOTO NAGARI SIMPURUIK KECAMATAN SUNGAI TARAB KABUPATEN TANAH DATARTERHADAP BANK SYARIAH

  • Anisa Marseli Institut Agama Islam (IAI) SUMBAR Pariaman
Keywords: Persepsi, Bank Syariah

Abstract

Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah presepsi masyarakat nagari Koto nagari Simpuruik yang beranggapan bahwa Bank Syariah sama saja dengan bank konvensional dari segi pelayanan dan karakteristik Bank Syariah. Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah untuk menjelaskan persepsi masyarakat Koto nagari Simpuruik terhadap Bank syariah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan mengunakan metode analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi masyarakat Koto nagari Simpuruik terhadap Bank Syariah dari aspek pelayanan dinilai baik sedangkan dari segi aspek promosi masyarakat menilai Bank Syariah belum mampu menyentuh masyarakat Koto nagari Simpuruik. Hal ini terlihat dari rendahnya pengetahuan masyarakat mengenai Bank Syariah. Selanjutnya mengenai karakteristik Bank Syariah menurut masyarakat Koto nagari Simpuruik sudah sesuai dengan prinsip syariah. Bank Syariah tidak memandang status sosial dan agama dalam melayani nasabah. Bank syariah hadir untuk mensejahterakan masyarakat.

References

[1] Addin (2014 februari 8) vol 8 nomor 1. Pengaruh Persepsi Tentang Bank Syariah Terhadap Minat Menggunakan Produk di BNI syariah semarang.http://jurnal.iain. semarang.go.id ( di akses oktober, 2017. 24. Jam 11. 30)
[2] Aisyah ( 2010) Pengantar Pisikologi Umum. Bandung : CV pustaka setia
[3] Ascarya. (2011). Akad dan Produk Bank Syariah. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
[4] Antoni (2015 September 17) vol 03.nomor 2. Jurnal Hukum Dan Ekonomi Syariah.http//jurnal.hukum ekonomi.ac.id
[5] Anshari (2013). Mekanisme-Mekanisme PresepsiJakarta : PT raja grafindo persada
[6] Andri Soemitra. (2010)Bank Dan Lembag Keuangan Syariah Jakarta :KENCANA PREDANA MEDIUM GRUP
[7] Bima Walc.(2009) Pengantar Psikolog Umum.Yogyakarta : C.V ANDI OFFSET
[8] Budhi Wilardjo ( 2014, Maret 1 ).vol.2 No.1. Pengertian, Peranan, Dan Perkembangan Bank Syariah Di Indonesia.http://jurnal.unims.ac.id/E-Jurnal
[9] Desmita (2013). Pisikologi Umum Batusangkar : STAIN Batusangkar press
[10] Dian Ariani. (2008). Presepsi Masyarakat Umum Terhadap Bank Syariah Di Kota Medan. Tesis Sekolah Pasca Sarjana Universitas Sumatra Utara. Medan.
[11] Dewi Priyanto. (2014). SPPS Pengelolaan Data Prakti, Yokyakarta : CV AndiOffset.
[12] Dian Yumanita (2015 Januari 2). Perbankan-di Indonesia.http://jurnal-perbankan-di-Indonesia.go.id/E-Jurnal
[13] Ahmad Fauzi (2009). Psikologi Umum Bandung : CV PUSTAKA SETIA
[14] Heru Santoso(2016,Januari 4). UU peraturan perbankan. http//UUIndonesia.go.id,pdf.[diakses 13 Desember 2017]
[15] Khimadiyyah (2014Agustus 4) DSN-MUI.http://jurnal-DSN-MUI.go.id/E-Jurnal.
[16] Muhammad Sadi. (2015). Konsep Hukum Perbankan Pola Relasi Sebagai InstitusiIntermidiasi Dan Agen Investasi . Malang : IKAPI
[17] Muchmud (2010). Penghambat Perbankan SyariahJakarta : bumi aksara
[18] Sumar’in Nur Ardian, Kumpulan Rumu-Rumus Statistik. Tersedia di http;//pustaka unand.ac.id/uploads/2010. Di akses pada tanggal November 2017
[19] Rizal Yaya. Aji Erlangga Martawireja dan dkk. (2009). Akuntansi PerbankanSyariah Teori Dan Praktik Kontomporer. Jakarta : Salemba Empat.
[20] Ridwan. Pengambilan Pupulasi Dan Sampel (2012) jakarta : PT raja grafindo
[21] Sarwono w Sarlito. Pengantar Psilologi Umum.(2010)Jakarta : PT Rajagrafindo persada
[22] Syafwar Fadhilah.(2009),Pengantar Psikologi Umum Batusangkar :STAIN Batusangkar press
[23] Syukri Iska.(2012). Sistem Perbankan Syariah Di Indonesia Dalam Persfektif Fikih Ekonomi. Yokyakarta : Fajar Media Press.
[24] Sobur alex (2011),Psikologi Umum Dalam Lintasan Sejarah. Bandung : CV PUSTAKA SETIA
[25] Sugiyono.(2005), Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R dan D). Bandung : Alfabeta.
[26] Sugiyono.(2016), Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta
[27] Walgito Bimo. (2010),Pengantar Pisikolog Umum Yogyakarta : ANDI OFFEET
[28] Wawancara dengan masyarakat 25 april 2017. Pasar Pangkalan Lima Puluh Kota.
[29] Wawancara dengan Sekretaris Hari Mandala Di Kantor Wali Nagari Pangkalan Lima Puluh Kota 25 april 2017.
[30] Wendra Yunaldi (2010) Potret Perbankan Syariah Di Indonesia Jakarta : Susi Advertising
[31] Wirdyaningsih.(2015). Bank dan Asuransi Islam Di Indonesia. Jakarta : Kencana Prenada Media.
[32] Wiroso.(2010). Penghimpunan Dana Dan Distribusi Hasil Usaha Bank Syariah. Jakarta : PT. Grafindo.
Published
2022-12-02
How to Cite
Marseli, A. (2022) “PERSEPSI MASYARAKAT KOTO NAGARI SIMPURUIK KECAMATAN SUNGAI TARAB KABUPATEN TANAH DATARTERHADAP BANK SYARIAH”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 11(2), pp. 843-852. doi: 10.47492/jih.v11i2.2291.
Section
Articles