PENGARUH HARGA, IKLAN DAN CITRA MEREK TERHADAP MINAT BELI HONDA SCOOPY DI YOGYAKARTA

  • Heru Noor Rokhmawati STIE Solusi Bisnis Indonesia, Yogyakarta
  • Heru Kuncorowati STIE Isti Ekatana Upaweda, Yogyakarta
  • Lalu Supardin Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta
Keywords: Harga, Iklan, Citra Merek, Minat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh harga, iklan dan citra merek terhadap minat beli Honda Scoopy di Yogyakarta. Reponden dalam penelitian ini adalah konsumen di Yogyakarta. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 150 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan SPSS sebagai alat analisis. Berdasarkan hasil pengujian data yang dilakukan, menunjukkan bahwa: 1) Harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat beli Honda Scoopy di Yogyakarta. 2) Iklan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat beli Honda Scoopy di Yogyakarta. 3) Citra merek secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat beli Honda Scoopy di Yogyakarta. 4) Harga, iklan dan citra merek secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat beli Honda Scoopy di Yogyakarta.

References

[1] Akbar, A. S. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Pada Konsumen Mcdonald’s Lampung. JURNAL EKOBIS DEWANTARA, 4(2), 59-68.
[2] Albar, K., Noviyanti, H., Sari, D. P., & Zakhiroh, A. (2022). Pengaruh Iklan dan Brand Image MS. Glow Terhadap Minat Beli Konsumen. SAUJANA: Jurnal Perbankan Syariah dan Ekonomi Syariah, 4(01), 1-12.
[3] Alexandro, R., Sari, A., Uda, T., Rohaetin, S., & Hariatama, F. (2022). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Di Pondok Arema Palangka Raya. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(2), 71-76.
[4] Andriyanti, E., & Farida, S. N. (2022). Pengaruh Viral Marketing Shopee Affiliate, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Shopee Indonesia (Studi Pada Generasi Z Pengguna Tiktok Di Sidoarjo). FORBISWIRA: Forum Bisnis Dan Kewirausahaan (Vol. 11, No. 2, pp. 228-241).
[5] Amala, S., Budimansyah, B., & Sanjaya, V. F. (2021). Pengaruh Penggunaan iklan dan citra merek terhadap minat beli konsumen pada produk kecantikan halal Safi dalam perspektif ekonomi Islam (studi pada toko TopShop kota Bandar Lampung). REVENUE: Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 2(2), 127-142.
[6] Anggraeni, D., & Sonni, A. F. (2022). Pengaruh Iklan dan Program Acara Terhadap Perilaku dan Minat Beli Pendengar Radio Venus. Journals of Social, Science, and Engineering, 1(1), 10-16.
[7] Asari, R. (2022). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Fitur Produk Terhadap Minat Beli Xiaomi (Studi kasus pada konsumen Xiaomi Smarphone di Kabupaten Grobogan). EBISTEK: Ekonomika, Bisnis dan Teknologi, 5(1).
[8] Asri, S. K., & Julisman, I. (2022). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Philips terhadap Minat Beli Konsumen pada Yogya Garnd Majalengka. Jurnal Impresi Indonesia, 1(3), 282-287.
[9] Christea, K., & Nisa, P. C. (2022). Pengaruh Advertising Disclosure Language terhadap Minat Beli Produk Beauty and Fashion di Instagram dengan Source Credibility sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen dan Organisasi, 13(1), 12-22.
[10] Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23. Badan Peneribit Universitas Diponegoro.
[11] Hakim, Rahma. T. (2013). Pengaruh Persepsi Iklan, Kesadaran Merek, Citra Merek terhadap Sikap pada Merek dan Keputusan Pembelian. Jurnal Aplikasi Manajemen. Vol. 11, No. 4.
[12] Indarto, A. F., & Farida, S. N. (2022). Pengaruh Brand Image dan Persepsi Kualitas terhadap Minat Beli Iphone di Surabaya. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(4), 1258-1266.
[13] Indratno, D. L., Supardin. L., Wiranto. E. (2021). Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Citra Merek Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Di Matahari. Jurnal Ilmiah Edunomika, 6(1).
[14] Juniarti, J., Arifin, R., & Rahmawati, R. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Citra Merek, Kualitas Produk, Pelayanan Dan Resiko Terhadap Minat Beli Produk Fashion Di Shopee (Studi Pada Konsumen Dinoyo Yang Pernah Berbelanja Online Di Shopee). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 11(13).
[15] Krismanita, E. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Kepercayaan terhadap Minat Beli Konsumen pada E-Commerce Shopee. Jurnal Revolusi Indonesia, 2(2), 128-142.
[16] Kotler, Philip dan Keller, Levin. L. (2012). Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 2, Jakarta : Erlangga.
[17] Kotler Philip & Amstrong, Gary. (2013). Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi ke-12. Penerbit Erlangga
[18] Luviana, G. A. A., Sembiring, E., & Prami, A. D. (2022). Pengaruh Iklan Media Sosial Instagram (Instagram Advertisement) Dan Electronic Word Of Mouth (Ewom) Terhadap Minat Beli Di Ayrin Moms & Baby Care. Journal of Applied Management Studies (JAMMS), 3(2), 149-159.
[19] Muzdalifah, F., Arifin, R., & Rahman, F. (2022). Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Kualitas Produk, Promosi Dan Harga Terhadap Minat Beli Produk UMKM Di Malang Pada Situasi Covid 19 (Studi Kasus Konsumen UMKM Prabujaya Outfit Malang). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 11(12).
[20] Parinduri, A. T., & Rahmat, M. (2022). Pengaruh Harga dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Masyarakat pada Baba Parfum Indonesia di Kelurahan Bandar Selamat Medan. AFoSJ-LAS (All Fields of Science Journal Liaison Academia and Society), 2(1), 123-138.
[21] Prasetyo, M. H., & Hasyim, H. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Produk Fashion Secara Online. Nusantara Hasana Journal, 1(11), 22-32.
[22] Putih, R. M. (2022). Pengaruh Harga, Iklan, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Indihome di Kota Jember. 2 (1), 123-138.
[23] Racellita, R., & Megawati, M. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Citra Merek Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Terhadap Operator Kartu Seluler Tri (3) Di Palembang. Publikasi Riset Mahasiswa Manajemen, 3(1), 78-91.
[24] Saputra, H., Muhazirin, B., & Panjaitan, H. P. (2022). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Persepsi Harga Dan Tempat Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Bakso Sido Kangen Pekanbaru. LUCRUM: Jurnal Bisnis Terapan, 1(1), 48-61.
[25] Sari, Y. R., Harliyani, S., & Sanjaya, V. F. (2022). Pengaruh Harga, Brand Image, Dan Celebrity Endorser Enzy Storia Terhadap Minat Beli Produk Erigo. Business and Enterpreneurship Journal (BEJ), 3(1).
[26] Shimp, Terence. A. (2010). Integrated Marketing Communications In Advertising and Promotions. Eight edition. South-Western: Cengage Learning.
[27] Solihin, A., Azhar, D. Z., & Sanjaya, V. F. (2022). Pengaruh Iklan Dengan Jasa Endorsment Untuk Meningkatkan Minat Beli Masyarakat (Studi Kasus Pada Cafe 1000cc Di Desa Sidomulyo Kabupaten Lampung Selatan, Lampung). Business and Enterpreneurship Journal (BEJ), 3(1).
[28] Supartono, S. (2022). Pengaruh Harga, Kemudahan Bertransaksi, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Online Di E-Commerce Shopee Pada Masa Pandemi Covid 19. IKRA-ITH EKONOMIKA, 5(2), 210-218.
[29] Supardin, L. (2022). Pengaruh Gaya Hidup Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Berlabel Halal. JEMBA: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(1), 71-82.
[30] Supardin, L., Handayani, S, D., Widowati, R. (2018). The Influence Of Advertisement Perception And Celebrity Endorser Towards Purchase Decision Thought Brand Image As Mediator. International Journal of Business Quantitave Economics and Applied Management Research, 4 (10).
[31] Tangka, G. C., & Dotulong, L. O. (2022). Pengaruh Iklan Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian Sepatu Merek Ventela (Ventela Shoes) Studi Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakulas Ekonomi Unsrat Angkatan 2018. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(1), 383-392.
[32] Tumuju, N. S., & Rogi, M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Strategi Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Di Pt. Deho Canning Company Bitung. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(1), 78-90.
[33] Usman, O., & Aryani, Y. (2019). The Effect of Brand Ambassador, Brand Image, Product Quality, and Price on Purchase Intention. Brand Image, Product Quality, and Price on Purchase Intention.
[34] Wardinata, G., & Alam, I. A. (2022). Pengaruh Perilaku Konsumen, Harga, Dan Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Di Masa Pandemi Covid-19. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, dan Pendidikan, 1(5), 677-688.
[35] Witjaksari, F. T., Basalamah, M. R., & Rahmawati, R. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Iklan Pada Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Produk Perawatan Wajah (Studi Kasus Pada Konsumen Ms Glow). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 11(20).
[36] Yoga, P. S., & Pratiwi, K. A. (2022). Pengaruh Citra Merek Dan Price Discount Terhadap Minat Beli Konsumen Di Tokopedia. Widya Amrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Parwisata, 2(2), 585-592.
[37] Yudha, A. C., & Erdiansyah, R. (2022). Pengaruh Daya Tarik Iklan, Harga, Word of Mouth (WoM) terhadap Minat Beli Produk Koi Café Palembang. Kiwari, 1(1), 193-199.
[38] Yuliani, Y., & Fakhrudin, A. (2022). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Harga Terhadap Minat Beli Tiket Pada Maskapai Lion Air di Bandar Udara Internasional Supadio Pontianak. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 444-454.
[39] https://www.yamaha-motor.co.id/news/Sekilas-Perjalanan-Mio. Diakses tanggal 15 Mei 2022. Jam 11.00 WIB.
[40] https://www.gridoto.com/read/221021902/ingat-lagi-sejarah-honda-vario-sejak-awal-produksi. Diakses tanggal 15 Mei 2022. Jam 14.00 WIB.
[41] https://www.oto.com/berita-motor/honda-scoopy-dari-masa-ke-masa-2118578. Diakses tanggal 15 Mei 2022. Jam 13.00 WIB.
Published
2022-06-09
How to Cite
Rokhmawati, H., Kuncorowati, H. and Supardin, L. (2022) “PENGARUH HARGA, IKLAN DAN CITRA MEREK TERHADAP MINAT BELI HONDA SCOOPY DI YOGYAKARTA”, Jurnal Ilmiah Hospitality, 11(1), pp. 515-526. doi: 10.47492/jih.v11i1.1699.
Section
Articles