PERAN INFLUENCER MARKETING DALAM MENINGKATKAN TRAVEL INTENTION
Abstract
Pada era digitalisasi ini media sosial menjadi salah satu fenomena yang mengalami perkembangan sangat pesat. Perkembangan media sosial turut berkontribusi untuk menyebarkan informasi mengenai suatu objek wisata kepada calon wisatawan. Hal ini dipengaruhi oleh masyarakat yang sudah mulai meninggalkan praktik konvensional dalam mencari informasi. Pelaku wisata dan instansi pemerintah terkait memanfaatkan media tersebut untuk menarik dan meningkatkan niat melakukan perjalanan wisata pada suatu destinasi wisata. Praktik Influencer marketing di media sosial turut dilakukan oleh para pemasar di bidang pariwisata untuk dapat menarik minat berkunjung pada suatu destinasi wisata. Media sosial yang digunakan salah satunya ialah Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran peran influencer marketing terhadap minat melakukan perjalanan wisata pada Kota Cimahi. Metode penelititian yang digunakan adalah survey dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel 60 responden yang belum berwisata ke Kota Cimahi pada tahun 2022. Teknik sampling menggunakan non probalitiy sampling. Teknik analisis data dan uji hipotesis yang digunakan adalah Regresi berganda. Temuan yang diperoleh Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara influencer marketing terhadap travel intention Semakin tinggi influencer marketing semakin tinggi travel intention Pengunjung ke Kota Cimahi. Rekomendasi dengan menggunakan jasa agensi digital marketing yang berkompeten dapat membantu instansi pemerintah menganalisis kebutuhan calon wisatawan dan mempengaruhi keinginan untuk berkunjung pada Kota Cimahi menggunakan jasa influencer sebagai ujung tombak dalam memperkenalkan Kota Cimahi.