PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK TERPADU BERBASIS BUKU CERITA BERGAMBAR PADA SISWA DI SDN 17 PASAR SURANTIH PESISIR SELATAN-SUMATERA BARAT
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kebutuhan pendidik akan ketersediaan bahan ajar tematik terpadu berbasis buku cerita bergambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar tematik terpadu berbasis buku cerita bergambar (CERGAM) di kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan yang dilakukan adalah model ADDIE. Berdasarkan hasil uji validitas terhadap bahan ajar yang pendidik kembangkan diperoleh validitas sebesar 3,5 (sangat valid) sedangkan praktikalitas bahan ajar diperoleh dari angket respon peserta didik, adapun hasil yang didapat adalah 20,4 (sangat praktis) untuk angket respon peserta didik. dan evektivitas dilihat dari hasil belaajr peserta didik. Adapun hasil belajar peserta didik yaitu 85,15 untuk pembelajaran 1 dan 84,78 untuk pembelajaran II. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis buku cerita bergambar di kelas IV sekolah dasar sudah valid, praktis, dan efektif.
References
[2] Adams, Ken. 2009. Semua Anak Jenius! Aktivitas Seru untuk Mengembangkan Kecerdasan Anak Usia 0-11 Tahun. Jakarta : Esensi.
[3] Arfiana, Nur, M., & Ismayanti, E (2017). Pengembangan Bahan Ajar Menerapkan Rangkaian Digital Kombinasi Berbasis Mobile Learning Di SMK Nengeri 3surabaya, Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 6(3), 234.
[4] Arief S Sadiman, dkk. 2008. Media pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Prasada.
[5] Asep E. Latip. 2016. Pembelajaran Berbasis Karakter di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 28, Issue 1.