KEMITRAAN ANTARA JURUSAN USAHA LAYANAN PARIWISATA SMKN 1 PUJUT DENGAN DUNIA INDUSTRI
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui bagaimana kegiatan pembelajaran yang melibatkan dunia industri yang selama ini dilksanakan oleh Jurusan Usaha Layanan Pariwisata SMKN 1 Pujut. Mengembangkan alternatif kegiatan pembelajaran yang melibatkan dunia industri pada Jurusan Usaha Layanan Pariwisata SMKN 1 Pujut berdasrkan identifikasi dan analisis dari kendala yang dihadapi selama kegiatan kemitraan berlangsung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Narasumber dalam penelitian ini terdiri atas guru dan siswa Jurusan Usaha Layanan Pariwisata SMKN 1 Pujut, serta praktisi industri di bidang bangunan yang menjadi mitra dalam kegiatan di sekolah. Teknik analisis data mencakup tiga tahap yaitu:reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
References
[2] Brady, L. (1992). Curriculum development (4th ed.). New York: Prentice Hall
[3] Burke, L, Marks-Maran, D.J., Ooms, A., Webb, M., & Cooper, D. (2009).
[4] Towardsa pedagogy of work-based learning: Perceptions of work-basedlearning in foundation degrees. Journal of Vocational Education and Training, Vol.61, No.1, 15-33.\
[5] Cox-Petersen, Amy. (2011). Educational partnerships: Connecting schools,families, and the community. Los Angeles: Sage
[6] Djojonegoro, W. (1998). Pengembangan sumber daya manusia melalui sekolah menengah kejuruan (SMK). Jakarta: PT Jayakarta AgungOffert
[7] Epstein, Van Voorhis, F.L., Martin, C.S., Thomas, B.G., Greenfeld, M.D., Hutchins, D.J., & Williams, K.J. (2009). School, family, and community partnerships (3rd ed.).Thousand Oaks, California: Corwin Press.
[8] Finch, C.R. & Crunkilton, J.R. (1999). Curriculum development in vocational and technical education: Planning, content, and implementation (5red.). Boston: Allyn and Bacon.
[9] Peraturan Pemerintah. No. 24 Tahun 1990 pasal 3 ayat (2) tentang Tujuan
SMK











