STRATEGI PROMOSI DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH KUNJUNGAN KE DESTINASI WISATA PANTAI KETAPAN KECAMATAN PRINGGABAYA

  • Hafizul Wardi Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
  • I Wayan Nuada Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
  • I Wayan Bratayasa Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
Keywords: Strategi Promosi, Jumlah Kunjungan, Wisata Alam, Pantai Ketapan, Pringgabaya.

Abstract

Destinasi wisata pantai ketapang merupakan salah satu tempat wisata alam yang saat ini sedang di kembangkan di Kecamatan Pringabaya Kabupaten Lombok Timur. dalam perkembangan destinasi wisata pantai ketapang ini, agar dapat bermanfaat baik bagi masyarakat sekitar maupun pemerintah.  Dalam meningkatkan kunjungan wisatawan sehingga perlu adanya strategi promosi yang tepat dan harus dilakukan oleh pihak manajemen atau pengelola dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui  Strategi apa saja yang akan dilakukan pengelola wisata  dalam mempromosikan dan memasarkan  Objek Wisata Pantai ketapag, serta untuk mengetahui Kendala apa saja yang dihadapi  oleh pihak  pengelola  daya tarik  wisata  setempat dalam upaya mempromosikan objek wisata pantai ketapang.  Metode yang  digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan wawancara, observasi, dokumentasi, metode analisis SWOT dan studi pustaka  Berdasarkan hasil penelitian bahwa dalam usaha meningkatkan kunjungan wisatawan, diperlukan strategi pemasaran yang tepat, meliputi empat unsur pokok kegiatan pemasaran yaitu,  pemenuhan produk (product),  penetapan harga (price),  pengiriman barang (place),  dan promosi  barang (promotion).  Strategi promosi yang telah dilaksanakan  dalam meningkatkan kunjungan wisatawan di destinasi wisata pantai  ketapang  adalah  Advertising (Periklanan), Sales Promotion (Promosi Penjualan),  Personal Selling (Penjualan Perorangan), dan  Public Relation and  Publicity (Kehumasan dan Publisitas),  Namun selain dari empat  bauran promosi tersebut terdapat satu lagi strategi promosi yang ditemukan oleh peneliti yang memberikan dampak positif dalam pengembangan dan promosi yaitu dengan adanya kerjasama atau partnership antara  ITDC  dengan  pokdarwis  wisata pantai ketapang.

References

[1] Arjana. (2017) Persepsi Wisatawan Nusantara Terhadap Daya Tarik Wisata Di Kota Palembang. Tesis. Magister Kajian Pariwisata Universitas Gajaahmada.
[2] Assauri, S. (2018), Manajemen Pemasaran (Dasar Konsep & Strategi). Depok : PT Raja Grapindo Persada.
[3] Daoed & Nugraha, F. (2019) Pengaruh Citra Merek dan Daya Tarik Promosi Terhadap Keputusan Pembeli. Jl. Makmur Medan.
[4] Kotlar, & Amstrong. (2019) Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Proses, Keputusan Pembelian.
[5] Kotler & Kaller. (2017) Manajemen Pemasaran , Edisi 12, Jilid 1, Ptindrks, Jakarta. In e- Jurnal Riset Manajemen.
[6] Rahman, R. (2018) Pengaruh Promosi dan Kualitas Produkmelalui Keputusan Pembelian Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Internasional Manajemen Pemasaran.
[7] Saputra, M & De Yusa, V. (2019 Analisis Evektipitas Iklan dan Brand. Jurnal Manajemen. 13(2).
[8] Sugiyono. (2019). Metode Penelitian, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D. Bandung: Alfabeta.
[9] Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
[10] Tjiptono, Fandy. (2019) . Strategi Pemasaran (Edisi Keempat). In Yogyakarta: CV Andi Offset
Published
2025-07-23
How to Cite
Wardi, H., Nuada, I., & Bratayasa, I. (2025). STRATEGI PROMOSI DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH KUNJUNGAN KE DESTINASI WISATA PANTAI KETAPAN KECAMATAN PRINGGABAYA. Journal Of Responsible Tourism, 5(1), 113-120. https://doi.org/10.47492/jrt.v5i1.3866
Section
Articles