STRATEGI PROMOSI DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH KUNJUNGAN KE DESTINASI WISATA PANTAI KETAPAN KECAMATAN PRINGGABAYA
Abstract
Destinasi wisata pantai ketapang merupakan salah satu tempat wisata alam yang saat ini sedang di kembangkan di Kecamatan Pringabaya Kabupaten Lombok Timur. dalam perkembangan destinasi wisata pantai ketapang ini, agar dapat bermanfaat baik bagi masyarakat sekitar maupun pemerintah. Dalam meningkatkan kunjungan wisatawan sehingga perlu adanya strategi promosi yang tepat dan harus dilakukan oleh pihak manajemen atau pengelola dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Strategi apa saja yang akan dilakukan pengelola wisata dalam mempromosikan dan memasarkan Objek Wisata Pantai ketapag, serta untuk mengetahui Kendala apa saja yang dihadapi oleh pihak pengelola daya tarik wisata setempat dalam upaya mempromosikan objek wisata pantai ketapang. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan wawancara, observasi, dokumentasi, metode analisis SWOT dan studi pustaka Berdasarkan hasil penelitian bahwa dalam usaha meningkatkan kunjungan wisatawan, diperlukan strategi pemasaran yang tepat, meliputi empat unsur pokok kegiatan pemasaran yaitu, pemenuhan produk (product), penetapan harga (price), pengiriman barang (place), dan promosi barang (promotion). Strategi promosi yang telah dilaksanakan dalam meningkatkan kunjungan wisatawan di destinasi wisata pantai ketapang adalah Advertising (Periklanan), Sales Promotion (Promosi Penjualan), Personal Selling (Penjualan Perorangan), dan Public Relation and Publicity (Kehumasan dan Publisitas), Namun selain dari empat bauran promosi tersebut terdapat satu lagi strategi promosi yang ditemukan oleh peneliti yang memberikan dampak positif dalam pengembangan dan promosi yaitu dengan adanya kerjasama atau partnership antara ITDC dengan pokdarwis wisata pantai ketapang.
References
[2] Assauri, S. (2018), Manajemen Pemasaran (Dasar Konsep & Strategi). Depok : PT Raja Grapindo Persada.
[3] Daoed & Nugraha, F. (2019) Pengaruh Citra Merek dan Daya Tarik Promosi Terhadap Keputusan Pembeli. Jl. Makmur Medan.
[4] Kotlar, & Amstrong. (2019) Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Proses, Keputusan Pembelian.
[5] Kotler & Kaller. (2017) Manajemen Pemasaran , Edisi 12, Jilid 1, Ptindrks, Jakarta. In e- Jurnal Riset Manajemen.
[6] Rahman, R. (2018) Pengaruh Promosi dan Kualitas Produkmelalui Keputusan Pembelian Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Internasional Manajemen Pemasaran.
[7] Saputra, M & De Yusa, V. (2019 Analisis Evektipitas Iklan dan Brand. Jurnal Manajemen. 13(2).
[8] Sugiyono. (2019). Metode Penelitian, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D. Bandung: Alfabeta.
[9] Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
[10] Tjiptono, Fandy. (2019) . Strategi Pemasaran (Edisi Keempat). In Yogyakarta: CV Andi Offset