PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL OLEH KELOMPOK SADAR WISATA (POKDARWIS) DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN (STUDI KASUS DI OBJEK WISATA BUKIT PAL JEPANG DI DESA SAPIT KECAMATAN SUELA KABUPATEN LOMBOK TIMUR)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media sosial oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke objek wisata outbound Bukit Pal Jepang di Desa Sapit, Kecamatan Suela, Kabupaten Lombok Timur. Di era kemajuan teknologi informasi saat ini, platform seperti Facebook dan Instagram dimanfaatkan sebagai media promosi guna menarik minat wisatawan, baik domestik maupun internasional. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa meskipun pemanfaatan media sosial oleh Pokdarwis belum memberikan dampak signifikan terhadap peningkatan jumlah wisatawan, strategi ini tetap memiliki potensi besar dalam memperkenalkan destinasi wisata kepada khalayak yang lebih luas. Namun, promosi digital masih terbatas pada wisatawan dengan minat khusus, seperti trekking, hiking dan camping. Fasilitas yang terbatas dan kurangnya kerja sama dengan sektor lain menjadi tantangan dalam meningkatkan kualitas dan daya tarik wisata. Oleh karena itu, pengembangan promosi baik secara daring maupun luring, serta peningkatan fasilitas dan pelatihan sumber daya manusia, diperlukan untuk memperbesar daya tarik wisata Bukit Pal Jepang.
References
[2] Setiadi, B., Setiawati, R., Manalu, M., Dewantara, R., & Vandika, A. (2024). Analysis of the Impact of Mobile Application Implementation and Social Media on Increasing Tourist Visits in Yogyakarta. West Science Interdisciplinary Studies. https://doi.org/10.58812/wsis.v2i07.1114.
[3] , S., Kirilenko, A., & Stepchenkova, S. (2020). Special interest tourism is not so special after all: Big data evidence from the 2017 Great American Solar Eclipse. Tourism Management, 77, 104021. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2019.104021.
[4] Nasrullah, R. (2015). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
[5] Kotler, P. (2012). Marketing management/Philip Kotler, Kevin Lane Keller. Pearson Education International.
[6] Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi yang kreatif & Analisis kasus – Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
[7] Salsabila, I., & Puspitasari, A. Y. (2023). Peran Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) dalam Pengembangan Desa Wisata. Jurnal Kajian Ruang, 3(2), 241. https://doi.org/10.30659/jkr.v3i2.29524
[8] Sukmadinata, N.S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosadakarya.
[9] jadesta.kemenparekraf.go.id. 2024. Bukit Pal Jepang Sapit (Diakses 16 Februari 2025) https://jadesta.kemenparekraf.go.id/atraksi/bukit_pal_jepang__sapit
[10] RRI. (22 September 2024), Negara dengan Pengguna Fecebook Terbanyak di Dunia, Ternyata ini Posisi Indonesia. https://www.rri.co.id/lain-lain/990878/negara-dengan-pengguna-fecebook-terbanyak-di-dunia-ternyata-ini-posisi-indonesia (Diakses 18 Februari 2024)
[11] facebook.com. Bukit Pal Jepang sapit langgarpusaka. Diakses 16 Februari 2025, dari https://www.facebook.com/groups/1081718105661977/
[12] instagram.com. Paljepanghill. Diakses 16 Februari 2025, dari https://www.instagram.com/paljepanghill/.