IDENTIFIKASI STRATEGI PROMOSI TRAVEL AGENT LOMBOK PARADISE DI KOTA MATARAM
Abstract
Desa Wisata Bonjeruk menjadi salah satu desa yang memiliki potensi dalam mengembangkan konsep Wellness Tourism. Penerapan konsep wisata tersebut dapat menambah daya tarik Desa Wisata Bonjeruk dalam menarik minat wisatawan untuk berkunjung, dimana konsep yang diatwarkan tidak hanya menikmati keindahan destinasi wisata namun juga melakukan aktivitas yang dapat meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesiapan sumber daya manusia Desa Wisata Bonjeruk dalam mengembangkan konsep Wellness Tourism. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini diantaranya observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menggambarkan bahwa kesiapan SDM Desa Wisata Bonjeruk dari aspek pengetahuan, keterampilan, dan etika dapat menerapkan konsep wellness tourism. Namun perlu diperbanyak pelatihan spesifik terkait dengan wellness tourism seperti pelatihan spa atau terapi agar dapat menunjang kebugaran wisatawan saat berkunjung di desa wisata.
References
[2] Mahmudah Budiatiningsih, Diswandi, D., Kurniansah, R. K., Siti Hamdiah Rojabi, Hasnia Minanda, Ihyana Hulfa, Baiq Nikmatul Ulya, Adhitya Bagus Singandaru, & Maulana Malik Irsyad. (2023). Peningkatkan Aksesibilitas Informasi Melalui Pembuatan dan Pengelolaan Website Prodi DIII Pariwisata Universitas Mataram. Jurnal Pengabdian Mandiri, 2(5), 1161–1170.
[3] Firman, F. (2023). Strategi promosi dinas kebudayaan dan pariwisata Nusa Tenggara Barat dalam meningkatkan minat kunjungan wisatawan (Doctoral dissertation, UIN Mataram).
[4] Lupiyoadi, Rambat. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Pertama. Salemba Empat: Jakarta.
[5] Minanda, H., Ulya, B. N., Budiatiningsih, M., Anggara, A., & Suryani, J. (2024). Analisis Implementasi Digital Tourism sebagai Upaya Promosi Pariwisata di Desa Wisata Kembang Kuning Lombok Timur. Jurnal Ilmiah Hospitality, 13(2), 291-300.
[6] Peter, J. P. dan Olson, J. C. (2000). Perilaku Konsumen dan Strategi. Pemasaran. Edisi keempat. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
[7] Rangkuti, F. (2013). Strategi promosi yang kreatif dan analisis kasus. Gramedia Pustaka Utama.
[8] Ulya, B. N., Minanda, H., Hulfa, I., Kurniansah, R., Budiatiningsih, M., & Rojabi, S. H. (2023). Pengaruh E-Wom dan Harga terhadap Minat Berkunjung Pada Pantai Selong Belanak. Business Management, 2(1).
[9] Waani, H. F. (2016). Sosial Budaya Dalam Pengembangan Pariwisata Di Kelurahan Bunaken Kecamatan Bunaken Kota Manado. Acta Diurna Komunikasi, 5(2).
[10] Wolah, F. F. C. (2016). Peranan promosi dalam meningkatkan kunjungan wisatawan di Kabupaten Poso. Acta Diurna Komunikasi, 5(2).
[11] Event Travel Mart 2023 diakses melalui https://www.reportase7.com/2023/05/lombok-paradise-jual-mandalika-ke.html. Diakses pada 27 Desember 2024 pukul 18.45 WITA.