KESIAPAN SUMBER DAYA MANUSIA DESA WISATA BONJERUK MENGEMBANGKAN KONSEP DESTINASI WELLNESS TOURISM

  • Baiq Nikmatul Ulya Program Studi D3 Pariwisata, Fakultas Ekonomoni dan Bisnis, Universitas Mataram
  • Hasnia Minanda Program Studi D3 Pariwisata, Fakultas Ekonomoni dan Bisnis, Universitas Mataram
  • Rizal Kurniansah Program Studi D3 Pariwisata, Fakultas Ekonomoni dan Bisnis, Universitas Mataram
  • Sesilia Dewi Supita Program Studi D3 Pariwisata, Fakultas Ekonomoni dan Bisnis, Universitas Mataram
Keywords: Desa Wisata, Sumber Daya Manusia, Kompetensi Pariwisata, Wellness Tourism.

Abstract

Desa Wisata Bonjeruk menjadi salah satu desa yang memiliki potensi dalam mengembangkan konsep Wellness Tourism. Penerapan konsep wisata tersebut dapat menambah daya tarik Desa Wisata Bonjeruk dalam menarik minat wisatawan untuk berkunjung, dimana konsep yang diatwarkan tidak hanya menikmati keindahan destinasi wisata namun juga melakukan aktivitas yang dapat meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesiapan sumber daya manusia Desa Wisata Bonjeruk dalam mengembangkan konsep Wellness Tourism. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini diantaranya observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menggambarkan bahwa kesiapan SDM Desa Wisata Bonjeruk dari aspek pengetahuan, keterampilan, dan etika dapat menerapkan konsep wellness tourism. Namun perlu diperbanyak pelatihan spesifik terkait dengan wellness tourism seperti pelatihan spa atau terapi agar dapat menunjang kebugaran wisatawan saat berkunjung di desa wisata.

References

[1] Brigitha, T.B., Lapian, J. and Taroreh, R. (2018) ‘PENGARUH PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN TOUR GUIDE TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN DI BUNAKEN (Studi Kasus Wiasatawan Manado Tour Guide)’, Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(2), pp. 848–857.
[2] Global Wellness Institute (GWI) (2018) ‘Global wellness tourism economy’, Global Wellness Tourism Economy – November 2018, (November), pp. 1–102. Available at: https://globalwellnessinstitute.org/industry-research/global-wellness-tourism-economy/%0Ahttps://globalwellnessinstitute.org/wp-content/uploads/2018/11/GWI_GlobalWellnessTourismEconomyReport.pdf.
[3] Kongtaveesawas, N. et al. (2022) ‘Attribute Framework Validation for Wellness Tourism within the Context of Thailand’.
[4] Oka, I.M.D., Winia, I.N. and Pugra, I.W. (2017) ‘Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Pengolahan Masakan Seafoods Untuk Menunjang Pariwisata Di Desa Wisata Serangan’, Bhakti Persada : Jurnal Aplikasi IPTEKS, 1(1), pp. 62–70. Available at: http://ojs.pnb.ac.id/index.php/BP/article/view/250.
[5] Permanasari, D. et al. (2022) ‘Tren Industri Pariwisata 2022 2023’, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.
[6] Rahma Sandhi Prahara, Muhammad Mujtaba Mitra Zuana, M.A. (2017) ‘Kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) Anggota dan Alat Perangkat Organisasi Koperasi di Era Pasar Bebas Asia’, Al-’ADALAH : JURNAL SYARIAH DAN HUKUM ISLAM, 2(1), pp. 25–32.
[7] Said, F. et al. (2020) ‘Overcoming Local Human Resources Barriers in Tourism Industry: Case Study on West Nusa Tenggara Indonesia’, International Journal of …, 3(October), pp. 99–105. Available at: https://www.neliti.com/publications/341075/overcoming-local-human-resources-barriers-in-tourism-industry-case-study-on-west.
[8] Satriani, N., Utami, H.N. and Prasetya, A. (2022) ‘Analysis of human resources readiness strategies for small and medium enterprises in tourism development to face the new normal era of the Covid-19 pandemic’, JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 8(4), p. 1292. Available at: https://doi.org/10.29210/020221993.
[9] Sayuti, R.H. (2023) ‘Community Readiness in Implementing Sustainable Tourism on Small Islands: Evidence from Lombok, Indonesia’, Sustainability (Switzerland), 15(12). Available at: https://doi.org/10.3390/su15129725.
[10] [10] Simatupang, V. et al. (2022) ‘HUMAN RESOURCES READINESS IN WELLNESS TOURISM MANAGEMENT IN THE SENIOR TOURIST MARKET SHARE IN’, 2(4), pp. 1879–1888.
[11] Turere, V.N. (2013) ‘Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Peningkatan Kinerja Karyawan Pada Balai Pelatihan Teknis Pertanian Kalasey’, Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3), pp. 10–19.
[12] Widayati, E., Sulistiono, S. and Purwoko, Y. (2024) ‘PENINGKATAN KOMPETENSI PELAYANAN PRIMA BAGI PENGELOLA DAN PELAKU USAHA PARIWISATA DI DESA WISATA PULEWULUNG TURI SLEMAN PULEWULUNG TURI SLEMAN’, 1(1), pp. 1–6.
[13] Wirawan, I.M.A. and Gorda, A.A.N.O.S. (2020) ‘Readiness of Tourism Human Resources Facing the Industrial Revolution 4.0: a Case Study At Furama Xclusive Ocean Seminyak Hotel’, Russian Journal of Agricultural and Socio-Economic Sciences, 106(10), pp. 8–16. Available at: https://doi.org/10.18551/rjoas.2020-10.02.
Published
2025-03-27
How to Cite
Ulya, B., Minanda, H., Kurniansah, R., & Supita, S. (2025). KESIAPAN SUMBER DAYA MANUSIA DESA WISATA BONJERUK MENGEMBANGKAN KONSEP DESTINASI WELLNESS TOURISM. Journal Of Responsible Tourism, 4(3), 1015-1022. https://doi.org/10.47492/jrt.v4i3.3802
Section
Articles