PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS WISATA TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN DI WISATA KULINER KEBON AYU KABUPATEN LOMBOK BARAT

  • Tira Pibrian Asta Umara Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
  • I Ketut Bagiastra Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
  • Lalu Masyhudi Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
Keywords: Keywords: Kualitas Pelayanan, Fasilitas Wisata, Kepuasan Wisatawan, Wisata Kuliner Kebon Ayu.

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas wisata terhadap Kepuasan Wisatawan di Wisata Kuliner Desa Kebon Ayu Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak nya pengaruh Kualitas Pelayananan dan Fasilitas Wisata terhadap Kepuasan Wisatawan di Wisata Kuliner Desa Kebon Ayu Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis data yaitu analisis regresi liniear berganda. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, kuisioner, wawancara, dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 95 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel independen yang meliputi Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Wisata memiliki pengaruh secara simultan terhadap variabel dependen Kepuasan Wisatawan. Serta variabel Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Wisata berpengaruh 49,6% terhadap kepuasan wisatawan yang diteliti dalam penelitian ini sisanya 50,4% pengaruh variabel lain yang tidak diteliti dan tidak diketahui dalam penelitian.

References

[1] Addini Zahra Syahputri, F. d. (2023). Kerangka Berfikir Penelitian Kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 160-166.
[2] Ahmad Izzudin, M. M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen. Manajemen dan Bisnis Indonesia, 72-78.
[3] Ary Subiantoro, S. W. (2022). Pengaruh fasilitas Ruang Tunggu Terminal terhadap Kepuasan Konsumen Bandar Udara Matahora-Wakatobi. Enconomina, 312- 321.
[4] Erni Yuningsih, D. G. (2021). Analisis Experiential Marketing terhadap Kepuasan dan Loyalitas Penggunaan Jasa Pariwisata. Multidisiplin Madani, 319-340.
[5] M. Zaki, S. (2021). Kajian tentang Perumusan Hipotesis Statistik dalam Pengujian Hipotesis
[6] Penelitian. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan , 115-118.
[7] Makbul, M. (2021). Metode Pengumpulan Data dan Instrumen Penelitian . Cipta Aneka , 5-33.
[8] Mawardi, A. (2022). Kualitas Pelanggan sebagai Dampak dari Peningkatan Kualitas Pelayanan dan Nilai Pelanggan (Studi pada Sekolah Sepak Bola Cendrawasih Purwakarta). Ekonomi dan Bisnis , 47-52.
[9] Meijina Exreana Karundeng, L. F. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada benteng Resort Batu Putih. Productivity, 511- 517.
[10] Nidia Suriani, R. J. (2023). Konsep Populasi dan Sampling serta Pemilihan Partisipan Ditinjau dari Penelitian Ilmiah Pendidikan. Pendidikan Islam, 24- 36.
[11] Peggy Rahma Alana, T. A. (2020). Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Wisatawan pada Goa Lowo Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek. Manajemen Terapan, 180- 194.
[12] Suci Sandi Wachyuni, K. W. (2020). Kepuasan Wisatawan dalam Penggunaan E Commerce Agoda dalam Pemesanan Hotel. Tourism Destination and Attraction, 61-70.
[13] Sustiyatik, E. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan. Pelayaran dak Kepelabuhan, 175-184
Published
2025-03-27
How to Cite
Umara, T., Bagiastra, I., & Masyhudi, L. (2025). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS WISATA TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN DI WISATA KULINER KEBON AYU KABUPATEN LOMBOK BARAT. Journal Of Responsible Tourism, 4(3), 967-972. https://doi.org/10.47492/jrt.v4i3.3796
Section
Articles