PERSEPSI WISATAWAN DALAM MINAT BERKUNJUNG KE DESTINASI WISATA HIU PAUS TELUK SALEH SUMBAWA
Abstract
Persepsi merupakan proses seseorang menyeleksi, mengatur, menginterpresentasikan masukan-masukan informasi untuk menciptakan gambaran keseluruhan yang berarti sedangkan perkembangan pariwisata merupakan sebuah destinasi yang perkembangannya ditentukan dalam fase-fase tertentu. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana persepsi wisatawan dalam minat berkunjung mereka ke destinasi wisata Hiu Paus Teluk Saleh Sumbawa. Dalam penelitian ini yang menjadi informan adalah pengelola dan wisatawan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik penentuan informan menggunakan snowball sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa persepsi wisatawan terhadap minat berkunjung ke destinasi wisata Hiu Paus Teluk Saleh Sumbawa terkesan baik dan memiliki minat kunjungan kembali akan tetapi karena destinasi tersebut merupakan objek wisata minah khusus jadi tidak semua kalangan bisa dan tertarik dengan destinasi wisata Hiu Paus Teluk Saleh.
References
[2] Jaililvand, S. (2012). Efeknya Informasi Elektronik dari Mulut Ke Mulut Tentang Merek Citra dan Niat Membeli: Study
[3] Jumriati. (2023) Persepsi Wisatawan Mancanegara Terhadap Postingan Mandalika di Instagram Dalam Berkunjung ke Mandalika Lombok Tengah. Skripsi offline: STP Mataram.
[4] Mariyanti, E. (2018). Persepsi Konsumen Terhadap Minat Kunjungan Pada Hotel Syariah di Kota Padang. Jurnal UMSB
[5] Ibrahim, M, M. Bab II Kajian Teori. Universitas Islam Negri Malang. Diakses dari http://etheses.uin-malang.ac.id/1660/6/11410100_Bab_2.pdf