ANALISIS STRATEGI PEMASARAN KAIN TENUN KELOMPOK CEMPAKA SEBAGAI DAYA TARIK WISATA DI DESA KEBON AYU

  • Erma Ayu Astuti Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
  • I Ketut Bagiastra Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
  • Ajuar Abdullah Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
Keywords: Strategi Pemasaran, Kain Tenun,Daya Tarik.

Abstract

Kain tenun di kelompok cempaka Desa Kebon Ayu memiliki potensi yang besar untuk memberikan kontribusi pada pembangunan ekonomi lokal dan pelestarian budaya. Kendala  yang muncul adala. Pemasaran dari segi promosi, promosi yang dilakukan masih belom optimal. Oleh karena itu, perlu adanya upaya dari pemerintah, komunitas lokal, dan pelaku bisnis untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap seni kain tenun jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitataif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian kualitatif berhubungan dengan ide, persepsi, pendapat atau kepercayaan orang yang diteliti kesemuanya yang tidak dapat diukur dengan angka (Basuki, 2006). Dari hasil penelitian, penggalian informasi dan Tanya jawab mendalam dengan narasumber, maka identifikasi masalah yang terjadi sebab akibat yang ditimbulkan dalam penelitian ini yaitu Strategi Produk, Stategi Harga, bahan- bahan yang digunakan dalam proses pembuatan masih menggunkan bahan yang alami sehingga menjaga keasliannya dan kain tenun ini juga merupakan salah satu kearifan lokal masyarakat, Pengembangan inovasi berbagai jenis produk kain tenun, meningkatkan kuantitas produksi dengan mengubah peralatan sederhana menjadi modern, meningkatkan sumber daya yang dimiliki dalam rangka peningkatan produksi, mempertahankan kualitas produk untuk menjaga permintaan pasar.

References

[1] A. Reni Widyastuti. (2010) Pengembangan Pariwisata yang berorientasi pada pelestarian fungsi lingkungan: Jurnal EKOSAINS, Vol. 11 No. 3.
[2] Ahmad, DR Ir, and ST AC. Manajemen strategis. Nas Media Pustaka, 2020.
[3] Astiana, R., & Kemala, Z. (2023). Pendampingan tata kelola destinasi wisata di kecamatan ujung berung kota Bandung. BEMAS: Jurnal Bermasyarakat, 4(1), 28-38.
[4] Bachtiar S. Bachri. (2007) Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif Jurnal Kurikulum dan Teknologi Pendidikan.
[5] Diana, P., Suwena, I. K., & Wijaya, N. M. S. (2017). Peran Dan Pengembangan Industri Kreatif Dalam Mendukung Pariwisata Di Desa Mas Dan Desa Peliatan, Ubud. Jurnal Analisis Pariwisata ISSN, 1410, 3729.
[6] Hidayah, Nurdin. (2021). Pemasaran destinasi pariwisata berkelanjutan di Era Digital: Targeting, Poaitioning, Branding, Selling, Marketing, Mix, Internet Marketing.
[7] Kabu, M. (2019). Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Aksesibilitas Terhadap Tingkat Kunjungan Wisata ke Desa Boti Kabupaten Timor Tengah Selatan. TOURISM: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE, 2(1), 24-31.
[8] Lim, A. L. (2020). Analisis SWOT dalam menentukan posisi kompetitif (studi kasus PT Wahana Prima Anugerah di Pontianak). MABIS, 11(2).
[9] Nomor, Undang-Undang. "tahun 2009 tentang Kepariwisataan." (10).
[10] Primadany, Sefira Ryalita. Analisis strategi pengembangan pariwisata daerah (studi pada dinas kebudayaan dan pariwisata daerah kabupaten nganjuk). Diss. Brawijaya University, 2013.
[11] Rahmadayanti, Tina, and Kholid Murtadlo. "Pengaruh efektivitas media sosial, daya tarik, harga tiket, dan fasilitas pelayanan wisata terhadap keputusan berkunjung di curug Goa Jalmo kabupaten Pasuruan." MALIA: Jurnal Ekonomi Islam 12.1 (2020): 125-136.
[12] Rintjap, I. H., Areros, W. A., & Sambul, S. A. (2021). Pengaruh Pengembangan Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Karyawan Permata Finance Tomohon. Productivity, 2(7), 556-560.
[13] Suriani, N., & Jailani, M. S. (2023). Konsep Populasi dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 24-36.
[14] UNWTO. 2016. Sustainable DevelopmentofTourism.http://sdt.unwto.org content/about-us-5
[15] Zulkifli, Zulkifli. Peranan Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Kampar Dalam Pengembangan Obyek Wisata (Studi Pengembangan Objek Wisata Candi Muara Takus). Diss. Universitas Islam Riau, 2018..http://jurnalfem.universitas samawa.ac.id/index.php/JEP/article/view/160
Published
2025-03-27
How to Cite
Astuti, E., Bagiastra, I., & Abdullah, A. (2025). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN KAIN TENUN KELOMPOK CEMPAKA SEBAGAI DAYA TARIK WISATA DI DESA KEBON AYU. Journal Of Responsible Tourism, 4(3), 951-960. https://doi.org/10.47492/jrt.v4i3.3794
Section
Articles