PENGELOLAAN AKUN INSTAGRAM @INSIDESESAOT SEBAGAI MEDIA INFORMASIKOPI

  • Akhwan Akhwan Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
  • Sri Susanty Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
  • I Wayan Bratayasa Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
Keywords: Pengelolaan, Instagram, Media Informasi.

Abstract

Perkembangan penyebaran informasi yang semakin maju dan modern juga berdampak pada bidang pemasaran pariwisata, salah satunya adalah untuk komunikasi pemasaran digital. Desa Sesaot merupakan salah satu desa wisata yang memiliki perkembangan kegiatan pariwisata yang cukup pesat dan memiliki berbagai potensi wisata. Desa ini juga memanfaatkan media sosial Instagram dengan nama akun @insidesesaot sebagai media informasi wisata. Namun, pengelolaan akun Instagram sebagai media komunikasi pemasaran digital belum maksimal. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pengelolaan akun Instagram @insidesesaot sebagai media informasi. Penelitian ini menggunakan wawancara mendalam, observasi non partisipan, dan dokumentasi serta menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa akun @insidesesaot telah melaksanakan pengelolaan akun yang terdiri dari (1) Konteks (Context) dengan menyajikan berbagai ragam informasi yang ada di desa wisata Sesaot seperti informasi atraksi wisata dan kuliner dengan menambahkan visual pada konten berupa gambar dan video. (2) Komunikasi (Communication) dengan menggunakan kata-kata yang mudah dipahami, gaya bahasa yang santai dan kekinian, sehingga mudah dimengerti oleh generasi muda saat ini dan penggunaan tagar atau hastag. (3) Kolaborasi (Collaboration) dengan melakukan kolaborasi dengan pemerintah, mitra bisnis, komunitas online, atau pengguna lainya agar dapat memperluas jangkauan dan memperoleh akses ke audiens baru. (4) Koneksi (Connection) dengan menjalin komunikasi dua arah dengan pengikut melalui balasan komentar, like dan mengunggah ulang (repost) pada beberapa konten foto atau video yang diunggah oleh pengguna saat berkunjung ke wisata Sesaot.

References

[1] Abdilah, L. A. 2022. Peranan Media Sosial Modern. Palembang: Bening Media.
[2] B. D. Atmoko, 2012. Instagram Handbook., Jakarta, Media Kita.
[3] Handayaningrat, "Pengantar Studi".
[4] S. M. &. R. M. Mahmuda, 2020. "Pengelolaan Konten Media Sosial Korporat Pada Instagram Sebuah Pusat Perbelanjaan,".
[5] M. Rahardjo, 2010. Triangulasi Dalam Penelitian, Jakarta,
[6] Subiyanto, L. A., & Valiant, V. 2022. Pemanfaatan Media Instagram Sebagai Media Promosi Penjualan di Masa Pandemi Covid-19. Ikon--Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi. 27(3): 286-302.
[7] I. &. Y. Salsabilla, 2023 "Pengelolaan Media Sosial Instagram @infobekasi Sebagai Media Informasi Tentang Bekasi,"
[8] D. E. &. S. Z. Septiyami, 2022. "Pengelolaan Konten Media Sosial Instagram @Infotuban dalam Peningkatan Pengikut.,"
[9] B. Solis, 2010. Engage: The complete guide for brands and business to build, cultivate and measure success in the new web., New Jersey: John Wiley & Sons Inc, p. 263.
[10] Sugiyono, 2022. Metode Penelitian Kualitatif.,Yonatan, Agnes Fanya,"2023. Pengguna Media Sosial Indonesia 2017-2026.http://data.goodstats.id/statistic/agnesfanyayonatan/menilik-pengguna-media-sosial-indonesia-2017-2026. (Diakses tanggal 11 April 2024 pukul 11.30.)
Published
2025-03-27
How to Cite
Akhwan, A., Susanty, S., & Bratayasa, I. (2025). PENGELOLAAN AKUN INSTAGRAM @INSIDESESAOT SEBAGAI MEDIA INFORMASIKOPI. Journal Of Responsible Tourism, 4(3), 943-950. https://doi.org/10.47492/jrt.v4i3.3793
Section
Articles