STRATEGI DIGITAL MARKETING BERBASIS INSTAGRAM DI BEKA KOPI
Abstract
Pertumbuhan ekonomi Kota Mataram terus berkembang, dan berbagai ukuran dan jenis industri telah mendukung perekonomian Kota Mataram dengan segala dinamikanya yang berkelanjutan, salah satunya adalah Coffee Shop. Dalam era digital yang terus berkembang, media sosial telah menjadi komponen krusial dalam strategi bisnis, menawarkan peluang unik dan tantangan yang perlu dipecahkan secara cerdas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya marketing yang telah dilakukan oleh Beka Kopi dan mengetahui strategi digital marketing berbasis instagram di Beka Kopi. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan strategi deskriptif. Pengambilan sampel atau sumber data pada penelitian ini dilakukan beradasarkan criterion sampling. Data yang diperoleh menggunakan wawancara semi terstruktur dan observasi non partisipan. Dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Uji kredibilitas data dilakukan dengan dengan teknik triangulasi dan member check. Hasil penelitian menunjukkan strategi digital marketing yang dilakukan Beka Kopi adalah memanfaatkan media sosial sebagai pemasaran, Salah satu upaya yang digunakan untuk memasarkan produknya adalah melalui media sosial yaitu instagram. Selain itu, Beka Kopi berprinsip untuk tidak mengeluarkan biaya dalam kegiatan pemasaran.
References
[2] Kurniawan & Kivot, R. 2014. Analisis Strategi Pemasaran Batik Al-Warits Bangkalan Madura. Surabaya: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas.Ngatno. 2017. Manajemen Pemasaran. Semarang: EP Press Digimedia.
[3] Dunan, H., Habiburrahman, H., & Angestu, B. (2020). Analisis Strategi Bisnis Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Pada Love Shop Boutique Di Bandar Lampung. Jurnal Manajemen dan Bisnis. 11(1).
[4] Syukri, A. U., & Sunrawali, A. N. (2022). Digital marketing dalam pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah. KINERJA: Jurnal Ekonomi dan Manajemen. 19(1): 170-182.
[5] Subiyanto, L. A., & Valiant, V. 2022. Pemanfaatan Media Instagram Sebagai Media Promosi Penjualan di Masa Pandemi Covid-19. Ikon--Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi. 27(3): 286-302.
[6] Wati, A. P., Jefry, A. M., & Aniek, I. 2020. Digital Marketing. Malang: Edulitera.
[7] Yunus, E. 2016. Manajemen strategis. Andi Offset:Yogyakarta.
[8] Sahir, S, H. 2021. Metodelogi Penelitian. Banguntapan: KBM Indonesia.
[9] Saleh, S. 2017. Analisis Data Kualitatif. Makasar.Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Pada Love Shop Boutique Di Bandarlampung. Jurnal Manajemen dan Bisnis. 11(1): 53-62.