PENGARUH FASILITAS WISATA TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUG DI DESTINASI WISATA TIRTA DESA BATU KUMBUNG

  • Divi Gusnawan Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
  • I Putu Gede Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
  • Sri Wahyuningsih Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
Keywords: Fasilitas, Kepuasan Pengunjung, Wisata Tirta Desa Batu Kumbung.

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pembangunan fasilitas terhadap kepuasan pengunjung di destinasi wisata tirta desa batu kumbung. Wisat Tirta desa batu kumbung letaknya di Dusun Manggong, Desa Batu Kumbung Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada ada atau tidaknya pengaruh fasilitas terhadap kepuasan pengunjung di destinasi wisata tirta Desa Batu Kumbung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis data yaitu analisis regresi berganda. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, dan angket. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 81 responden dengan teknik. Hasil dari uji t pada penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh secara parsial pengaruh fasilitas terhadap kepuasan pengunjung. Dilihat dari hasil analisis koefisien determinasi yang didapat nilai R Square sebesar 0,810 atau 81,0% variabel kepuasan berkunjung dapat dijelaskan oleh fasilitas, sedangkan 19% dijelaskan oleh variable-variable lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

References

[1] A.irwana (2017), Pengaruh kulitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada PT. Sumber alfaria Trijaya Tbk. Di makasar.
[2] Azwar, Ircham Robbaq, and Siswanto. "Analisis beban kerja, implikasinya terhadap motivasi kerja dengan kemampuan kerja sebagai variabel intervening pada karyawan Bank UMKM." Jurnal keuangan dan perbankan 19.3 (2015): 475-487.
[3] Darwin, Steven dan Yohanes Sondang Kunto, 2014. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Dan Kepercayaan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Asuransi Jiwa Manulife Indonesia-Surabaya, Jurnal Manajemen Pemassaran, Vol. 2, No. 1:1-12.
[4] Desembrianita, E., & Ruslin. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Harga Terhadap Keputusan Pelanggan Untuk Menggunakan Jasa
[5] Fitria wulandari (2020). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen rumah makan ayam penyet jogja di Aceh Barat Daya.
[6] Hotel Oval Surabaya. Jurnal Riset Ekonomi dan Manajemen, 16(2), 345-354.
[7] Ismail, I., Haron, H., Nasir Ibrahim, D., & Mohd Isa, S. (2006). Service quality, client satisfaction and loyalty towards audit firms: Perceptions of Malaysian public listed companies. Managerial auditing journal, 21(7), 738-756.
[8] Jalalludin Muhammad Akbar. (2020). Pengaruh pelayanan, objek dan daya tarik wisata serta fasilitas terhadap kepuasan wisatawan.
[9] Mariana, I. K. A. (2022). Green Zone Tourism Promotion Strategy of the Bali Government Tourism Office in 2021 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta).
[10] Mardiana. (2021). Pengaruh daya tarik wisata dan fasilitas layanan terhadap kepuasan wisatawan di pantai Gading Mataram.
[11] Mulyadi, M. (2012). Penelitian kuantitatif dan kualitatif: Serta praktek kombinasinya dalam penelitian sosial.
[12] Musrifah Mardiani Sanaky, La Moh Saleh, Henriette D. T.(2021). Analisis faktor-faktor penyebab keterlambatan pada proyek pengbangunan gedung asrama MAN 1 Tulehu Maluku Trngah.
[13] Rabah, A. (2023, August). Pengaplikasian Model Regresi Linier Berganda Multivariat terhadap Data Cabang Olahraga Angkat Berat. In Bandung Conference Series: Statistics (Vol. 3, No. 2, pp. 343-352).
Published
2025-03-27
How to Cite
Gusnawan, D., Gede, I., & Wahyuningsih, S. (2025). PENGARUH FASILITAS WISATA TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUG DI DESTINASI WISATA TIRTA DESA BATU KUMBUNG. Journal Of Responsible Tourism, 4(3), 929-936. https://doi.org/10.47492/jrt.v4i3.3791
Section
Articles