PENGARUH ATRAKSI DAN AMENITAS TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG PADA DESTINASI WISATA PANTAI MAPAK INDAH KOTA MATARAM

  • Ni Putu Shinta Puspitasari Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
  • I Ketut Bagiastra Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
  • Ida Nyoman Tri Darma Putra Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
Keywords: Atraksi, Amenitas, Kepuasan, Destinasi

Abstract

Pantai Mapak Indah merupakan salah satu destinasi wisata yang terletak di Kota Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis signifikansi pengaruh dari atraksi dan amenitas terhadap kepuasan pengunjung pada destinasi wisata Pantai Mapak Indah, Kota Mataram. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dalam penyelesaiannya. Penelitian ini berlokasi di Pantai Mapak Indah dengan menggunakan kuisioner sebagai alat dalam pengumpulan data khususnya dalam survey kepuasan wisatawan yang pernah ataupun sedang berkunjung ke destinasi yang disebar kepada 86 responden. Data populasi yang digunakan dalam penelitian ini bersumber dari data kunjungan wisatawan oleh Pokdarwis Pantai Mapak Indah, sedangkan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini dihitug dengan menggunakan rumus slovin. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dan pengujian hipotesis. Hasil penelelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Atraksi (X1) dan Amenitas (X2) terhadap Kepuasan pengunjung (Y) di Pantai Mapak Indah. dibuktikan dengan hasil uji R square dengan hasil variabel atraksi dan amenitas mempengaruhi 70,8% kepuasan pengunjung, sehingga hanya 29,2% dari variabel lain yang tidak ada di penelitian ini yang dapat mempengaruhi kepuasan pengunjung. Demikian berdasarkan keseluruhan data dan uji analisis maka dapat disimpulkan bahwa atraksi dan amenitas berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung sebesar 70,8%, sehingga peningkatan dalam setiap aspek atraksi dan amenitas akan berpotensi meningkatkan kepuasan pengunjung pada Pantai Mapak Indah.

References

[1] Abdulhaji, S., & Yusuf, I. S. H. (2016). Pengaruh Atraksi, Aksesibilitas, dan Fasilitas Terhadap Citra Objek Wisata Danau Tolire Besar di Kota Ternate. Jurnal Penelitian Humano, 7(2). http://library1.nida.ac.th/termpaper6/sd/2 554/19755.pdf
[2] Arikunto, S. (2013).Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta Althof,
[3] Arsmawarni, E., (2020). Pengaruh Atraksi dan Amenitas Terhadap Kepuasan Wisatawan Generasi Millenial Berkunjung di Wisata Gua Batu Cermin Labuan Bajo. Jurnal Pariwisata, 1 (2).
[4] Kiswantoro, A., (2019). Pengaruh Sarana dan Prasarana Pendukung Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan di Umbul Ponggok, Klaten. Jurnal Khasanah Ilmu, 10 (2).
[5] Kotler, Philip & Armstrong, Gary, 2011, Principle of Marketing – 14th ed, Pearson Education, inc, New Jersey.
[6] Maria, Sylvia et.al. (2002). Hubungan Citra toko dengan kepuasan konsumen pada pasar swalayan BP Surabaya. Unitas 11 (1).
[7] Marpaung & Budiman. (2019). Pengaruh Daya Tarik, Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Keselamatan Dengan Kepuasan Wisatawan Sebagai Variabel Interventing Terhadap Minat Kunjungan Ulang Wisatawan. MPU PROCURATIO, 1, 144–155.
[8] Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2011 tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Nasional Tahun 2010-2025.
[9] Salamah, P., (2017). Kepuasan Pengunjung terhadap Sarana dan Prasarana Wisata di Kimal Park Bendungan TirtaShinta Wonomarto. Journal of Planning and Policy Development.
[10] Saway, W, V., dkk (2021). Dampak Atraksi, Amenitas dan Aksesibilitas Pantai Pasir Putih Kabupaten Manokwari terhadap Kepuasan wisatawan berkunjung. Jurnal Ilmiah Pariwisata Agama dan Budaya, 6 (1).
[11] Sekaran, U. (2000). Research Method For Bussiness, 3rd Edition. New York: John Wiley & Sons Inc
[12] Soebiyantoro, U. (2009). Pengaruh Ketersediaan Sarana Prasarana, Sarana Transportasi terhadap Kepuasan Wisatawan. Jurnal Manajemen Pemasaran, 16-22.
[13] Sudaryono (2016) Manajemen Pemasaran. Edited by F. Sigit. Yogyakarta: Andi.
[14] Sugiama. (2013). Metode Riset Bisnis dan Manajemen. Edisi Pertama,. Bandung: Guardaya Intimarta.
[15] Sugiama, A Gima (2014), Pengembangan Bisnis dan Pemasaran Aset Pariwisata, Edisi 1, Guardaya Intimarta, Bandung.
[16] Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
[17] Tjiptono, F. and Gregorius, C. (2012) Service, Quality Satisfaction. Yogyakarta: Andi.
[18] Ximenes, D (2020). Pengaruh Atraksi dan Amenitas terhadap Kepuasan Pengunjung di Wisata Gunung Fatuleu Kabupaten Kupang. Jurnal Pariwisata, 1 (2).
[19] Yoeti, O. A. (2002). Perencanaan Strategis pemasaran daerah tujuan wisata. Jakarta: Pradnya Paramita
[20] Yoeti, O. A. (2003). Tour and Travel Marketing. Jakarta: Pradnya Paramita
Published
2025-03-27
How to Cite
Puspitasari, N. P., Bagiastra, I., & Putra, I. N. (2025). PENGARUH ATRAKSI DAN AMENITAS TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG PADA DESTINASI WISATA PANTAI MAPAK INDAH KOTA MATARAM. Journal Of Responsible Tourism, 4(3), 921-928. https://doi.org/10.47492/jrt.v4i3.3790
Section
Articles