PENGARUH FASILITAS DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN TAMU DI HOLIDAY RESORT LOMBOK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan tamu di Holiday Resort Lombok. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan variabel penelitian meliputi fasilitas dan kualitas pelayanan sebagai variabel bebas dan kepuasan tamu sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan jumlah sampel sebanyak 98 responden. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Analisis Regresi linier Berganda dengan bantuan aplikasi software SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan tamu atau H1 diterima, Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan tamu atau H2 diterima dan Fasilitas dan Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama terhadap kepuasan tamu di Holiday Resort Lombok atau H3 diterima dengan nilai signifikansi di bawah 0.05 yaitu sebesar 0.000 < 0.05. Dengan persamaan regresi linier berganda Y=1.910 + 0.281X1 + 0.537 X2 + e.
References
[2] Arikunto, S.(2010) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Jakarta: Rineka Cipta,211.
[3] Aswad, S., Realize, R., & Wangdra, R. (2018). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Air Bersih Masyarakat Kampung Air Batam. Center. JIM UPB Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam, 6(2), 77–85.
[4] Desembrianita, E., & Ruslin. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Fasilitas Dan Harga Terhadap Keputusan Pelanggan Untuk Menggunakan Jasa Hotel Oval Surabaya. Jurnal Riset Ekonomi Dan Manajemen, 16(2), 345– 354.
[5] Fristi Bellia Annishia, F.B.(2019). Pengaruh Harga Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Menginap Tamu Di Hotel Best Western Premier The Hive Jakarta(Vol.4). Jurnal Hospitality dan Pariwisata. 1 - 85.
[6] Ginting, F. F. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Price Discount Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Reddoorz Near Mikie Holiday. Universitas Quality Berastagi.
[7] Handayani, S. B., & Taufiq, M. (2017). Analisa Keputusan Konsumen Warung Angkringan yang Dipengaruhi Lokasi, Fasilitas & Kualitas Pelayanan (Studi Kasus Pada Warga Kos di Kota Semarang). Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi, 24(43).
[8] Lestari, K. P. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Varian Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Daging Segar (Studi Kasus Pada Toko Best Meat Tebet Jakarta Selatan).Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta
[9] Mayangsari G.A.C.(2023). Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Tamu di Kusuma Living and Villas(Vol. 02). PARIS Jurnal Pariwisata dan Bisnis. 484 – 501.
[10] Melia, Y.(2023). Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Pela nggan Hotel New Resty Menara di Kota Pekanbaru) (Vol.20). Jembatan: Jurnal Ilmiah Manajemen.
[11] S.Margono.(2010). Metodologi Penelitian Pendidikan.Jakarta: PT. Rineka Cipta
[12] Sholeha, L., Djaja, S., & Widodo, J. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di ahass sumber jaya maha sakti kecamatan rogojampi kabupaten banyuwangi. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, Dan Ilmu Sosial, 12(1), 15–25. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.6465
[13] Srijani, N.(2017).Pengaruh Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Aston Madiun Hotel & Conference Center(Vol. 7). Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi WIGA, 31 - 38
[14] Sumadi Suryabata.(2008). Metodologi Penelitian.Jakarta: Raja Gafindo Persada, 29
[15] Sugiyono.(2007).Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
[16] Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung : IKAPI J Lexy, Moleong.
[17] Sutrisno, Cahyono, D., & Qomariah, N. (2017). Analisis Kualitas Pelayanan , Kepercayaan Serta Citra Koperasi Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Anggota Quality Analysis Of Service, Trust And Cooperation Image On Satisfaction And Loyalty Of Members Cahyono,3 Nurul Qomariah Program Studi Magister Manaj. 7(2), 157–174.
[18] Yunaida, E. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Tenaga Kependidikan (Tendik) terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Samudra. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 7(1), 61–72.
[19] Sulastiyono,A.(2011). Manajemen penyelenggara hotel.Bandung.Alfabeta