PERAN STAKEHOLDER DALAM PENGEMBANGAN DESTINASI WISATA KEMBANG KUNING

  • Ahmad Rizaldi Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
  • Syech Idrus Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
  • Lalu Masyhudi Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
Keywords: Stakeholder, Pengembangan, Destinasi Wisata.

Abstract

Berdasarkan penelitian ini, dalam suatu daya tarik wisata perlu adanya keterlibatan seluruh stakeholder, sementara itu stakeholder merupakan orang yang memiliki kepentingan atau para pemangku kepentingan yang berhubungan langsung dengan daya tarik wisata. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahuai peran stakeholder dalam pengembangan Desa Wisata Kembang Kuning. Penelitian ini meggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat interpretatif yaitu memperoleh data secara deskriptif. Dalam pengembangan Desa Wisata Kembang Kuning ini stakeholder sudah memiliki peran masing-masing, yaitu pemerintah sebagai fasilitator, masyarakat yang terlibat langsung dalam pengelolaan dan selaku pelaku usaha di Desa Wisata Kembang Kuning, serta sudah dilakukannya kerjasama dengan bebrapa akademisi yang ada di Lombok dan Media sebagai bahan promosi desa wisata Kembang Kuning.

References

[1] Imam Qolby, Hailuddin, 2022. Jurnal Ekonomi pembangunan dan pengembangan daerah wisata.
[2] Nur Fadhylyah, 2022. Jural Tulisan Ilmu Pariwisata, Peran stakeholder dalam pengembangan daya tark wisata embung dumati Gorontalo.
[3] Talib, D. 2020. Jurnal tulisan ilmu pariwisata, Strategi Pengembangan destinasi wisata dan peran stakeholder dalam pengembangan destinasi wisata.
[4] Talib Desrika. 2021. Pengembangan agrowisata kebun jeruk wonosari.
Published
2025-03-27
How to Cite
Rizaldi, A., Idrus, S., & Masyhudi, L. (2025). PERAN STAKEHOLDER DALAM PENGEMBANGAN DESTINASI WISATA KEMBANG KUNING. Journal Of Responsible Tourism, 4(3), 871-874. https://doi.org/10.47492/jrt.v4i3.3783
Section
Articles