OPTIMALISASI PROMOSI MELALUI AKUN INSTAGRAM DALAM MENARIK MINAT KUNJUNGAN WISATAWAN DI OBJEK WISATA ALAM GUNUNG JAE NARMADA LOMBOK BARAT
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Optimalisasi Promosi Melalui Akun Instagram Dalam Menarik Minat Kunjungan Wisatawan Di Objek Wisata Alam Gunung Jae Narmada Lombok Barat. Pengelola wisata alam Gunung Jae pertama kali melakukan promosinya hanya melalui mulut ke mulut, lalu kemudian pengelola berinisiatif melakukan promosi melalui sosial media karena ingin mengikuti perkembangan zaman, kemudian terbentuklah team admin promosi, serta membuat akun Instagram resmi @wisataalam_gunung_jae sebagai medianya, namun admin wisata alam Gunung Jae karena pertama kali melakukan promosi melalui akun Instagram sehingga promosi yang dilakukan masih kurang maximal, sehingga dengan adanya fenomena tersebut peneliti akan mengkaji permasalahan yang akan diuraikan melalui fokus penelitian yaitu: Apa sajakah atraksi wisata Gunung Jae yang dapat di promosikan melalui akun Instagram, dan Bagaimanakah optimalisasi akun Instagram sebagai media promosi di wisata alam Gunung Jae dalam menarik minat kunjungan wiatawan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa: observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta menggunakan pendekatan fenomenologi, dan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa atraksi wisata yang dapat dipromosikan melalui akun Instagram adalah: area camping ground, area outbound, area wisata air danau dan perahu, area taman bunga, spot foto, area jogging, area memancing, dan area memanah. Lalu, Optimalisasi promosi akun Instagram wisata alam Gunung Jae adalah dengan: me-repost foto dan vidio berupa feed, reels, dan instastory, yang diposting di akun Instagram pribadi wisatawan dan yang menandai dengan me-tag akun Instagram resmi wisata alam Gunung Jae, me-upload dan me-update foto dan vidio berupa feed dan reels di akun Instagram wisata alam Gunung Jae mengenai berbagai kegiatan yang wisatawan dapat temukan di wisata alam Gunung Jae, serta bekerjasama atau berkolaborasi dengan travel seperti Traveloka, dan juga menjalin kerjasama dengan akun Instagram yang memiliki banyak followers lainnya seperti salah satunya yaitu akun Instagram @pasukankemping..
References
[2] Indonesia di Awal 2024. Di akses pada tanggal 3 April 2024. https://teknologi.solopos.com/ini-dia-media-sosial-yang-paling-banyak-dipakai-orang-indonesia-di-awal-2024-1899050/amp.
[3] Kholida,Qothrunnada.(2022). 6 Tujuan Promosi Produk dan Jasa, Kenali
[4] Fungsinya. Di akses pada tanggal 3 April 2024. https://finance.detik.com/solusiukm/d-6348909/6-tujuan-promosi-produk-dan-jasa-kenali-fungsinya/amp.
[5] Kreska,K. (2020). Teori 4C Sosial Media Chris Heuer. KonsultasiSkripsi.com,
[6] (diakses pada 03 April 2024).
[7] Mulia Putri,V.K. (2021). Teori Komunikasi Harold Lasswell. Kompas.com, 1-3. (diakses pada 03 April 2024).
[8] Nandaryani,N.W., & Santosa,N.A. (2022). Konten Instagram Sebagai Media
[9] Promosi Desa Wisata Tenganan Dauh Tukad Dalam Upaya Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Pasca Pandemi. Jurnal Nawala Visual, 4(1), 18-25.
[10] Woha,A. (2020). Menjelajahi Gunung Jae Lombok. First Lombok Tour, 1-3.
[11] (diakses pada 02 Januari 2024).
[12] Soleha,F., Susanti, N., & Jailani, M. (2023). Pemanfaatan Instagram Sebagai
[13] Media Promosi Wisata Bukit Indah Simarjarunjung Danau Toba. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 2(3), 963-972.
[14] Standarisasi Pengelolaan Daya Tarik Wisata. Di akses pada tanggal 4 April
[15] 2024.https://jdih.baliprov.go.id/uploads/produkhukum/peraturan/2010/pergub/2010pg0051041.pdf.
[16] Sutarso,Y. (2020). Teori Marketing In Practice. Repository.uin-suska.ac.id, 26-28. (diakses pada 03 April 2024).
[17] Syamsul Dwi Maarif (2023). Teori Komunikasi Pemasaran. Di akses pada 3 April 2023.https://r.search.yahoo.com/_ylt=Awr.z8aV9aJmiwQArWVXNyoA;_ylu=Y29sbwNncTEEcG9zAzIEdnRpZAMEc2VjA3Ny/RV=2/RE=17231 65334/RO=10/RU=https%3a%2f%2ftirto.id%2fteori-komunikasi-pemasaran-dan-contohnya-gPjh/RK=2/RS=LJxklMmBia749Nxwm3cuVBWXnM4-.
[18] Talaouhu,Muhammad. (2024). Teori Komunikasi Lasswell. Di akses pada tanggal
[19] 3 April 2024. https://id.scribd.com/document/493975469/Teori-Komunikasi-Lasswell.
[20] Website Desa. (2024). Demografi Desa Narmada. Di akses pada tanggal 3 April
[21] 2024. https://narmada.desa.id/demografi-desa-narmada.
[22] Wijayanti,A. (2021). Efektivitas Instagram dalam meningkatkan minat kunjungan wisatawan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Indonesian Journal of Tourism and Leisure, 2 (1), 26-39.