PENGARUH CITRA DESTINASI WISATA DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUJUNG DI PANTAI NIPAH

  • Filan Anggreani Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
  • I Ketut Purwata Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
  • Made Dayu Harikosala Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
Keywords: Citra Destinasi Wisata, Kualitas Layanan, Kepuasan Pengunjung.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh citra destinasi wisata dan kualitas layanan terhadap kepuasan pengujung di pantai nipah, penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan variabel penelitian citra destinasi wisata sebagai variabel bebas, kualitas layanan sebagai variabel bebas, dan kepuasan pengujung sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan angke dan teknik sampel yang digunakan adalah accidential sampling, dengan 100 responden, yang mencakup pengunjung dari kalangan remaja sampai dewasa yang telah mengakses Pantai Nipah. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis dengan bantuan aplikasi SPSS versi 12. Hasil penelitian ini menujukan bahwa variabel citra destinasi wisata dan kualitas layanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel kepuasan pengujung. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, maka dapat diberikan beberapa rekomendasi berupa saran yang dapat menjadi bahan pertimbangan bagi pihak pengelola Pantai Nipah yaitu senantiasa meningkatkan citra wisata dengan meyakinkan wisatawan untuk melakukan kegiatan wisata, meningkatkan standar wisata, serta memperhatikan kebersihan lingkungan.

References

[1] Ab, N. (2022). Terhadap Kepuasan Pengunjung Ke Tempat Wisata Taman Oval Markoni. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam-JIEBI, 4(2), 133–141.
[2] Almeida, C. S. de, Miccoli, L. S., Andhini, N. F., Aranha, S., Oliveira, L. C. de, Artigo, C. E., Em, A. A. R., Em, A. A. R., Bachman, L., Chick, K., Curtis, D., Peirce, B. N., Askey, D., Rubin, J., Egnatoff, D. W. J., Uhl Chamot, A., El‐Dinary, P. B., Scott, J.; Marshall, G., Prensky, M., … Santa, U. F. De. (2016). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pengunjung wisata di Gundaling Berastagi. Revista Brasileira de Linguística Aplicada, 5(1), 1689–1699. https://revistas.ufrj.br/index.php/rce/article/download/1659/1508%0Ahttp://hipatiapress.com/hpjournals/index.php/qre/article/view/1348%5Cnhttp://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/09500799708666915%5Cnhttps://mckinseyonsociety.com/downloads/reports/Educati
[3] Anam, C. (2020). Pengaruh Citra Destinasi, Fasilitas Wisata dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Wisata Parimas Waterpark Mojokerto. Jurnal Ekonomi Dan Perkembangan Bisnis, 4(2), 22–34.
[4] Ardiansyah, I., & Julianto, E. (2023). Persepsi Wisatawan Terhadap Infrastruktur Wisata Pasca Revitalisasi Kawasan Kota Tua Jakarta. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 6(1), 194–206. https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i1.57879
[5] Ardiansyah, Y., & Ratnawili. (2021). Daya Tarik, Citra Destinasi, Dan Fasilitas Pengaruhnya Terhadap Minat Berkunjung Ulang Pada Objek Wisata Wahana Surya Bengkulu Tengah. Manajemen Modal Insani Dan Bisnis, 2, 129–137.
[6] Caroline, C. (2021). Pengaruh Citra Destinasi Terhadap Kepuasan Wisatawan Dan Behavioral Intention Cory. Pengaruh Citra Destinasi Terhadap Kepuasan Wisatawan Dan Behavioral Intention, 15(2), 72–80.
[7] Daffa, K. Van, & Ratnasari, I. (2022). Pengaruh Citra Destinasi dan Promosi Terhadap Kepuasan Wisatawan di Puncak Sempur Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(1), 362–372. https://doi.org/10.5281/zenodo.5847407
[8] Dewanto, R. F. (2022). Pengaruh Digitalisasi dan Citra Destinasi Pariwisata Terhadap Tingkat Kepuasan Pengunjung di Malang. Jurnal Ilmu Ekonomi JIE, 6(4), 537–552. https://doi.org/10.22219/jie.v6i4.22278
[9] Ester, A., Syarifah, H., & ZA Zainurossalamia Saida. (2020). Pengaruh daya tarik wisata citra destinasi dan sarana wisata terhadap kepuasan wisatawan citra niaga sebagai pusat cerminan budaya khas kota samarinda. Jurnal Manajemen, 12(1), 145–153. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/JURNALMANAJEMEN
[10] Ab, N. (2022). Terhadap Kepuasan Pengunjung Ke Tempat Wisata Taman Oval Markoni. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam-JIEBI, 4(2), 133–141.
[11] Almeida, C. S. de, Miccoli, L. S., Andhini, N. F., Aranha, S., Oliveira, L. C. de, Artigo, C. E., Em, A. A. R., Em, A. A. R., Bachman, L., Chick, K., Curtis, D., Peirce, B. N., Askey, D., Rubin, J., Egnatoff, D. W. J., Uhl Chamot, A., El‐Dinary, P. B., Scott, J.; Marshall, G., Prensky, M., … Santa, U. F. De. (2016). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pengunjung wisata di Gundaling Berastagi. Revista Brasileira de Linguística Aplicada, 5(1), 1689–1699. https://revistas.ufrj.br/index.php/rce/article/download/1659/1508%0Ahttp://hipatiapress.com/hpjournals/index.php/qre/article/view/1348%5Cnhttp://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/09500799708666915%5Cnhttps://mckinseyonsociety.com/downloads/reports/Educati
[12] Anam, C. (2020). Pengaruh Citra Destinasi, Fasilitas Wisata dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Wisata Parimas Waterpark Mojokerto. Jurnal Ekonomi Dan Perkembangan Bisnis, 4(2), 22–34.
[13] Ardiansyah, I., & Julianto, E. (2023). Persepsi Wisatawan Terhadap Infrastruktur Wisata Pasca Revitalisasi Kawasan Kota Tua Jakarta. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 6(1), 194–206. https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i1.57879
[14] Ardiansyah, Y., & Ratnawili. (2021). Daya Tarik, Citra Destinasi, Dan Fasilitas Pengaruhnya Terhadap Minat Berkunjung Ulang Pada Objek Wisata Wahana Surya Bengkulu Tengah. Manajemen Modal Insani Dan Bisnis, 2, 129–137.
[15] Caroline, C. (2021). Pengaruh Citra Destinasi Terhadap Kepuasan Wisatawan Dan Behavioral Intention Cory. Pengaruh Citra Destinasi Terhadap Kepuasan Wisatawan Dan Behavioral Intention, 15(2), 72–80.
[16] Daffa, K. Van, & Ratnasari, I. (2022). Pengaruh Citra Destinasi dan Promosi Terhadap Kepuasan Wisatawan di Puncak Sempur Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(1), 362–372. https://doi.org/10.5281/zenodo.5847407
[17] Dewanto, R. F. (2022). Pengaruh Digitalisasi dan Citra Destinasi Pariwisata Terhadap Tingkat Kepuasan Pengunjung di Malang. Jurnal Ilmu Ekonomi JIE, 6(4), 537–552. https://doi.org/10.22219/jie.v6i4.22278
[18] Ester, A., Syarifah, H., & ZA Zainurossalamia Saida. (2020). Pengaruh daya tarik wisata citra destinasi dan sarana wisata terhadap kepuasan wisatawan citra niaga sebagai pusat cerminan budaya khas kota samarinda. Jurnal Manajemen, 12(1), 145–153. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/JURNALMANAJEMEN
[19] Gudiño León., A. R., Acuña López., R. J., & Terán Torres., V. G. (2021). Persepsi Wisatawan Terhadap Objek Daya Tarik Wisata, Infrastruktur dan Fasilitas Layanan Di Pantai Ketapang, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung. 6.
[20] Kepuasan, T., Di, P., & Tiga, P. (2021). 12512-34303-1-SM.pdf. 15(2), 134–148.
[21] Kotler, P., & Keller, K. L. (2007). Manajemen Pemasaran (Indeks (ed.); 12th ed.).
[22] Matulessy, F. S., Salakory, H. S. M., & Saragih, Y. M. I. (2020). Objek Wisata Air Terjun Kermon. Jurnal Kajian Dan Terapan Pariwisata (JKTP), 1(1), 58–73.
[23] Mian, S. (2009). Persepsi Wisatawan Terhadap Fasilitas Intrastruktur Di Pantai Pasir Putih Kabupaten Manokwari Provinsi Papua Barat. 2(5), 255. ???
[24] Pratama, R. A., Rahayu, S., & Yamalay, F. (2022). Pengaruh Citra Merek dan Promosi terhadap Loyalitas Wisatawan melalui Variabel Intervening Kepuasan Wisatawan Danau Shuji di Kabupaten Muara Enim. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 3(3), 119–128. https://doi.org/10.47747/jnmpsdm.v3i3.862
[25] Putri, R. A., Farida, N., & Dewi, R. S. (2014). Pengaruh Citra Destinasi, Fasilitas Wisata Dan Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 4(1), 225–235.
[26] Safitasari, C., & Maftukhah, I. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Promosi dan Citra Destinasi Terhadap kepuasan Melalui Keputusan Pengunjung. Management Analysis Journal, 6(3), 311–319. http://maj.unnes.ac.id
[27] Schwarz, P., Body, J. J., Cáp, J., Hofbauer, L. C., Farouk, M., Gessl, A., Kuhn, J. M., Marcocci, C., Mattin, C., Muñoz Torres, M., Payer, J., Van De Ven, A., Yavropoulou, M., Selby, P., & فاطمی, ح. (2014). Persepsi Wisatawan Tentang Destinasi Wisata Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan Di Kota Bukit Tinggi. European Journal of Endocrinology, 171(6), 727–735. https://eje.bioscientifica.com/view/journals/eje/171/6/727.xml
[28] Wilkie W.L. (1990). Consumer Behavior, Edisi 2 (John Wiley & Sons (ed.).
Published
2025-03-27
How to Cite
Anggreani, F., Purwata, I., & Harikosala, M. (2025). PENGARUH CITRA DESTINASI WISATA DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUJUNG DI PANTAI NIPAH. Journal Of Responsible Tourism, 4(3), 835-848. https://doi.org/10.47492/jrt.v4i3.3779
Section
Articles