KEPUTUSAN PEMBELIAN WISATAWAN PADA SOUVENIR TEMBE NGGOLI DI RABA DOMPU TIMUR KOTA BIMA DITENTUKAN OLEH KUALITAS PRODUK

  • Putri Khairunisyah Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
  • Fathurrahim Fathurrahim Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
  • Dila Ariyogi Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
Keywords: Kualitas Produk, Harga, Keputusan Pembelian Wisatawan, Souvenir Tembe Nggoli.

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk membuktikan pengaruh antara kualitas produk dan keputusan pembelian wisatawan pada souvenir tembe nggoli di Raba Dompu Timur, Kota Bima. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Data dikumpulkan dengan angket, observasi penelitian, wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi. Pada 92 responden dengan teknik accidental sampling. Analisis data yang dilakukan dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji-t  dengan bantuan software aplikasi SPSS versi 22.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian wisatawan.

References

[1] Amirullah. (2021). Prinsip-prinsip Manajemen Pemasaran.
[2] Damanik, J., & Weber, H. F. (2006). Perencanaan ekowisata : dari teori ke aplikasi.
[3] Hasan, A. (2018). Manajemen Pemasaran dan Marketing. Alfabeta.
[4] Hasan, A. (2018). Marketing dan Kasus-kasus Pilihan. CAPS
[5] (Center For Academic Publishing service).
[6] Hasibuan, M. S. P. (2019). MANAJEMEN : Dasar, Pengertian dan Masalah (Revisi).
[7] Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Prinsip-prinsip pemasaran (12 ed.).
[8] Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran.
[9] Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen : Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian (1 ed.).
[10] Suharto. (2016). Manajemen Pemasaran. PT Raja Gralindo.
[11] Tjiptono, F. (2019). Strategi Pemasaran. Andi Offset.
Published
2025-03-27
How to Cite
Khairunisyah, P., Fathurrahim, F., & Ariyogi, D. (2025). KEPUTUSAN PEMBELIAN WISATAWAN PADA SOUVENIR TEMBE NGGOLI DI RABA DOMPU TIMUR KOTA BIMA DITENTUKAN OLEH KUALITAS PRODUK. Journal Of Responsible Tourism, 4(3), 805-810. https://doi.org/10.47492/jrt.v4i3.3776
Section
Articles