STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG DI KONSERVASI PENYU PANTAI NIPAH DESA MALAKA
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh pengelola konservasi penyu pantai Nipah Desa Malaka dalam meningkatkan jumlah pengunjung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa strategi komunikasi pemsaran yang digunakan pengelola konservasi penyu pantai Nipah Desa Malaka dalam meningkatkan jumlah pengunjung. Penelitian ini berjenis desktriptif kualitatif dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa stragei komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh pengelola konservasi penyu pantai Nipah sudah sesuai dengan bauran komunikasi pemasaran yang meliputi, periklanan (advertising) dengan menggunakan media sosial instagram dan facebook, promosi penjualan (sales promotion) dengan menyediakan paket wisata, hubungan masyarakat (public relation) dengan mengadakan event tahunan, penjualan perorangan (personal selling) dilakukan oleh masing-masing pengelola kepada tamu yang datang langsung ke lokasi, Namun untuk penjualan langsung (direct selling) sementara ini masih dalam penundaan karena penyusunan ulang paket wisata. Kelima bauran tersebut didukung oleh faktor seperti wisata kuliner yang ada di pantai Nipah, Keindahan pantai dan alam bawah laut, serta akses menuju lokasi yang sangat memadai.
References
[2] Ayesha, & Ivonne. (2022). DIGITAL MARKETING (TINJAUAN KONSEPTUAL). Padang: PT. GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOG.
[3] Banjaŕnahor, A. R. (2021). Manajemen Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.
[4] Barnes, S. O., & Minahan, S. (2015). Sales Promotion Decision Making Concepts, Principles, and Practice. New York: Business Expert Press.
[5] Chrismardani, Y. (2014). KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU: IMPLEMENTASI UNTUK UMKM. NeO-Bis, 8, 178.
[6] Effendy, & Uchjana, O. (2000). Ilmu Komunikasi dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
[7] Elizabeth Kristina Jayadi, N. P. (2017). KARAKTERISTIK DAN MOTIVASI WISATAWAN BERKUNJUNG KE PANTAI GREEN BOWL, UNGASAN, KUTA SELATAN, BALI. Jurnal Analisis Pariwisata, 71-73.
[8] Handoko, T. H. (2002). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia (3 ed.). Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
[9] Kennedy, J. E., & Soemanagara, R. D. (2006). Marketing Communication – Taktik dan Strategi. Jakarta: .PT Buana Ilmu Populer (kelompok Gramedia).
[10] Kotler, P., & Keller, L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Jakarta: Erlangga.
[11] Lestari, M. (2023, June 21). tambahpinter.com/strategi-komunikasi. Retrieved from tambahpinter.com: https://tambahpinter.com/strategi-komunikasi/
[12] Online, K. B. (2024, March 20). https://kbbi.web.id/optimal. Retrieved from https://kbbi.web.id: https://kbbi.web.id/optimal.html
[13] Paul, J. P., & Olson, J. C. (2000). Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran (Terjemahan ed.). Jakarta: Erlangga.
[14] Priansa, D. (2017). Manajemen Pelayanan Prima. Bandung: Alfabeta.
[15] Purnomo, S. H., & Zulkieflimansyah. (1996). Manajemen strategi : sebuah konsep pengantar. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
[16] Romeltea. (n.d.). komunikasipraktis.com/pengertian-komunikasi-definisi-akar-kata-proses-fungsi-dan-jenis/. Retrieved from komunikasipraktis.com: https://komunikasipraktis.com/pengertian-komunikasi-definisi-akar-kata-proses-fungsi-dan-jenis/
[17] Santosa, S., & Luthfiyyah, P. P. (2020). PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS. Jurnal Bisnis dan Pemasaran.
[18] Siagian, S. (1994). Manajemen Modern. Jakarta: Masagung.
[19] Sihombing, B., & Bawaulu, E. K. (2020). POTENSI PANTAI SIBOLO PULAU-PULAU BATU NIAS SELATAN UNTUKMENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN. Jurnal Akomodasi Agung, VII, 42.
[20] Siringoringo, H. (2005). Pemrograman Linier: Seri Teknik Riset Operasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
[21] Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D . Bandung: Alfabeta.
[22] Tere. (2021). www.gramedia.com/literasi/komunikasi-adalah. Retrieved from www.gramedia.com: https://www.gramedia.com/literasi/komunikasi-adalah/
[23] Thabroni, G. (2022, November 12). serupa.id/strategi-komunikasi-pengertian-jenis-tujuan-tahap-prinsip-dsb/. Retrieved from serupa.id: https://serupa.id/strategi-komunikasi-pengertian-jenis-tujuan-tahap-prinsip-dsb/Tjiptono, F. (2019). "Pemasaran Jasa Edisi Terbaru. Yogyakarta: Andi.