STRATEGI PENGEMBANGAN DESTINASI TAMAN WISATA ALAM SURANADI DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN
Abstract
Taman Wisata Alam Suranadi terletak di Desa Suranadi Kec. Narmada Kabupaten Lombok Barat, NTB. TWA Suranadi ini menjadi icon bagi warga setempat. Lokasi ini dipilih sebagai objek penelitian karena potensi yang dimiliki sangat berpeluang besar bagi masyarakat disana untuk menambah pendapatan. Namun, pada saat covid-19 TWA Suranadi mulai mengalami penurunan jumlah kunjungan wisatawan secara drastis, untuk itu diperlukan adanya strategi yang mampu mendorong jumlah kunjungan pada destinasi tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi yang dapat dikembangkan di destinasi Taman Wisata Alam Suranadi serta untuk mengetahui strategi pengembangan yang dapat dilakukan dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan di Taman Wisata Alam Suranadi. Adapun metode yang digunakan ialah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis SWOT sabagai acuan peneli dalam mendapat jawaban dilapangan. Untuk Teknik Pengambilan data, peneliti menggunakan purposive sample. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Taman Wisata Alam Suranadi memiliki potensi antara lain berbagai macam potensi flora dan juga fauna yang beragam yang dapat ditemukan disana. Kegiatan yang dapat dilakukan disana antara lain Camping, melakukan kegiatan pertemuan maupun menjadi tempat edukasi mengenai Hutan dan isinya. Strategi yang dapat diambil untuk menarik wisatawan adalah dengan cara membuat suatu atraksi yang dapat dilakukan dilokasi, yang dimana menjadi unique tersendiri. Salah satunya ialah pembuatan jembatan gantung.