MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN DI DESA WISATA SESAOT DI PENGARUHI OLEH POSTINGAN KONTEN INSTAGRAM INSIDE SESAOT

  • Dea Mahmud Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
  • Syech Idrus Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
  • Ida Nyoman Tri Darma Putra Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
Keywords: Postingan, Media Sosial Instagram, Minat Berkunjung, Desa Wisata.

Abstract

Desa Wisata Sesaot menjadi salah satu desa yang telah masuk ke dalam 50 besar  desa wisata pada ajang Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. Mengiringi perkembangan pariwisata yang ada, tidak akan terlepas dari pentingnya peran media sosial salah satunya Instagram sebagai platform sosial untuk memasarkan dan memperkenalkan produk atau jasa dibidang pariwisata kepada wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh postingan konten akun Instagram Inside Sesaot menggunakan teori S-O-R terhadap minat berkunjung wisatawan di Desa Wisata Sesaot. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket yang disebarkan secara online kepada followers sebanyak 94 orang. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji regresi linear sederhana dengan hasil menunjukan bahwa postingan konten terdiri dari (foto & video) akun Instagram Inside Sesaot bernilai positif sebesar 0,740 melalui persamaan Y = 7,030 + 0,740 X. Hasil uji koefisien determinasi sebesar 0,530 yang berarti foto & video pada akun Instagram Inside Sesaot dapat menjelaskan minat berkunjung di Desa Wisata Sesaot sebesar 53%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak dibuktikan oleh hasil uji t yang menunjukan variable independen memiliki spesifikasi (0.000 < 0.05) sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari postingan konten akun Instagram Inside Sesaot terhadap minat berkunjung wisatawan di Desa Wisata Sesaot Kecamatan Narmada.

References

[1] Adella , A.,& Primadani, B. (2019). Pengaruh Media Sosial @amazingtasikmalaya Terhadap Minat Berkunjung Followers ke Objek Wisata Tasikmalaya. Jurnal Managemen, Vol 6 no.2: hlm 4997.
[2] Adinda, S.,& Edriana, P. (2019). Pengaruh Media Sosial Instagram @exploremalang Terhadap Minat Berkunjung Followers Ke Suatu Destinasi (Survei Pada Followers @explormalang)‟, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 72.1:hlm 83.
[3] Atmoko, B.D. (2012). Instagram Hanbook Tips Fotografi Ponsel. (Jakarta: Media Kita): 9.
[4] Ayu, L. (2018). Pengaruh Akun Instagram @ExploreBanten terhadap Minat Berkunjung (Travelling) ke Tempat Wisata di Banten. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa: Serang.
[5] Bungin, B. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
[6] Effendi, O.U. (2003). Hubungan Masyarakat : Suatu Studi Komunikologis cet 6. Bandung : Remaja Rosdakarya.
[7] Instagram User Indonesia. (2024). Diakses pada 5 Februari 2024 dari https://napoleoncat.com/stats/instagram-users-in-indonesia/2024/01/
[8] Komesty, E., et al. (2021). Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Motovasi Berwisata di Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Industri Pariwisata, Vol 3, hlm 154.
[9] Kotler, P., & K.L. Keller. (2006). Marketing for Hospitality and Tourism. New Jersey: NJ : Pearson Education.
[10] Santoso, S. (2012). Panduan Lengkap SPSS Versi 20. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
[11] Sondakh, M.N., Altje, T. (2018). Pelayanan, Keamanan, Dan Daya Tarik Mempengaruhi Minat Wisatawan Yang Berkunjung Ke Objek Wisata Alam Gunung Mahawu, Tomohon, Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi 16, no. 1: hlm 283.
[12] Sugiyono. (2018). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
[13] Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pariwisata : Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
[14] Setiawan, Y. (2022). Pengaruh Akun Media Sosial Instagram @wisatapemalangid Terhadap Minat dan Tingkat Kunjungan Followers ke Tempat Wisata di Kabupaten Pemalang. Universitas Islam Sultan Agung: Semarang.
Published
2025-03-27
How to Cite
Mahmud, D., Idrus, S., & Putra, I. N. (2025). MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN DI DESA WISATA SESAOT DI PENGARUHI OLEH POSTINGAN KONTEN INSTAGRAM INSIDE SESAOT. Journal Of Responsible Tourism, 4(3), 701-710. https://doi.org/10.47492/jrt.v4i3.3765
Section
Articles