PENGARUH FASILITAS WISATA TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG DI DAYA TARIK WISATA RELIGI MAKAM BATU LAYAR KABUPATEN LOMBOK BARAT
Abstract
Wisata religi Makam Batu Layar ialah Daya Tarik Wisata religi yang bertempat di Jalan Raya Senggigi, Desa Batu Layar, Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat. Adanya wisata religi ini dapat membantu mendongkrak perekonomian masyarakat di sekitar tempat wisata, karena masyarakat dapat membuka usaha maupun jasa di sekitar tempat wisata untuk memenuhi kebutuhan para pengunjung wisata. Namun berdasarkan hasil observasi dan permasalahan yang ditemukan oleh peneliti mengenai fasilitias yang tersedia di Daya Tarik Wisata Religi Makam Batu Layar yang masih belum memadai namun wisatawan banyak mengunjungi Daya tarik wisata tersebut. Sehingga hasil dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah fasilitas berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data berdasarkan observasi, wawancara dan kuesioner. Teknik pengumpulan sampel menggunakan penyebaran kuesioner, dengan harapan hasil bahwa fasilitas memiliki pengaruh terhadap kepuasan pengunjung di Daya Tarik Wisata Religi Makam Batu Layar.
References
[2] Asya Hanif, dkk, (2016) Pengaruh Citra Destinasi Terhadap Kepuasan Wisatawan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Wisatawan (Studi pada Wisatawan Nusantara yang Berkunjung ke Kota Batu), Civitas : Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) 38, no. 1 : 45.
[3] Buchari Alma dan Donni Juni Priansa, Manajemen Bisnis Syariah, (Bandung: Alfabeta, 2014).
[4] Cici Safitasari dan Ida Maftukhah,(2017) Pengaruh Kualitas Layanan, Promosi dan Citra Destinasi Terhadap Kepuasan Melalui Keputusan Pengunjung,” Civitas : Management Analysis Journal 6, no. 3 : 311.
[5] Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 2005
[6] Mardiana, M. (2021). Pengaruh daya tarik wisata dan fasilitas layanan terhadap kepuasan wisatawan di
[7] pantai gading mataram (Doctoral dissertation, Universitas, Muhammadiyah_Mataram).
[8] Ramadhan, L. F. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wisatawan Dalam Berwisata di Kampung Gajah. Skripsi. Bandung: Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung.
[9] Ramadhani, D., Kartini, N. L., Masyhudi, L., & Purwata, I. K. (2022). Hubungan Kepuasan Wisatawan Terhadap Kualitas Produk Kuliner Di Kawasan Pariwisata Pantai Wisata Kota Gading Mapak Mataram. Journal Of Responsible Tourism, 2(2), 257-266.
[10] Rangkuti, F. (2013). Customer Service Satiscaction & Call Centre Berdasarkan ISO 9001. Gramedia Pustaka Utama.
[11] Rosita, (2016) Pengaruh Fasilitas Wisata dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Di Taman Margasatwa Ragunan Jakarta,” Civitas : Jurnal Manajemen Resort dan Leisure 13, no. 1:63.
[12] Rosita, dkk., (2018) “Pengaruh Fasilitas Wisata Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Di Taman Margasatwa Ragunan Jakarta”, 63.
[13] Sartika Moha dan Sjendry Loindong,(2016) Analisis Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Yuta Di Kota Manado, Civitas : Jurnal EMBA 4, no. 1: 577.
[14] Sugiyono, (2005) Statistika Untuk Penelitian . Bandung: Alfabeta,
[15] Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT. Alfabeta.
[16] Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D Bandung: Alfabeta.
[17] Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT. Alfabeta.
[18] Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D, penerbit Alfabeta,Bandung
[19] Yoeti, Oka A. (2003), Tours And Travel Marketing. Jakarta: Pradnya Paramita YuyunMardiyani dan Murwatiningsih,(2015) Pengaruh Fasilitas dan Promosi Terhadap Kepuasan Pengunjung Melalui Keputusan Berkunjung Sebagai Variabel Intervening Pada Objek Wisata Kota Semarang,” Management Analysis Journal 4, no. 1: 66.