PENGEMBANGAN HOSPITALITY DENGAN PENDEKATAN KARAKTERISTIK PENGUNJUNG DI WISATA ALAM GUNUNG JAE

  • Alya Nada Zain Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
  • I Putu Gede Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
  • I Wayan Suteja Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
Keywords: Hospitality, Karakteristik Pengunjung, Wisata Alam Gunung Jae.

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengembangan hospitality dengan pendekatan karakteristik pengunjung di wisata alam Gunung Jae Desa Sedau Kecamatan Narmada. Hasil penelitian diuraikan dalam beberapa jawaban terhadap fokus penelitian yaitu aspek keterpenuhan hospitality di wisata alam Gunung Jae dan pengembangan hospitality dengan pendekatan karakteristik pengunjung di wisata alam Gunung Jae. Dengan menggunakan metode observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik analisis data interaktif oleh Miles dan Huberman serta analisis statistik deskriptif. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dan simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek keterpenuhan hospitality di wisata alam Gunung jae pada aspek ; (1) aspek fisik masih belum memadai dan terdapat fasilitas yang masih rusak, (2) keandalan dan daya tanggap masih belum terpenuhi karena beberapa hal masih perlu ditingkatkan, (3) jaminan khusus bagi pengunjung belum tersedia dan (4) empati sudah terpenuhi sesuai standar hospitality. Selanjutnya, pengembangan hospitality dengan pendekatan karakteristik pengunjung meliputi kebutuhan hospitality yang diinginkan oleh pengunjung,  hal tersebut meliputi beberapa aspek seperti perbaikan akses jalan, peningkatan pelayanan, penambahan jumlah toilet, pengadaan program edukasi, pengadaan acara hiburan dan penataan area camping yang terpisah antara pengunjung keluarga dan remaja

References

[1] Agustina, M. 2018. Polarisasi Persepsi Para Pihak dalam Pengembangan Hospitalitas Ekowisata di Unit Pengelola Wisata Kubu Perahu Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. Jurnal Hutan Tropis. 6 (2).
[2] Creswell. J. W. (2019). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Pustaka Pelajar.
[3] Damanik, J. &. Teguh, F. (2013). Manajemen Destinasi Pariwisata Sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta
[4] Ghassani & dkk. (2023). Pengembangan Fasilitas Dan Pelayanan Destinasi Wisata Alam Air Terjun Way Kalam Lampung Selatan Berdasarkan Persepsi Pengunjung. JOFPE Journal. 3 (2)
[5] Hairunnisa, N. (2022). Pengembangan objek Wisata Danau Gunung Jae sebagai daya tarik wisata di Desa Sedau Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat (Doctoral dissertation, UIN Mataram).
[6] Hidayat & dkk. (2021). Penerapan Visitor Management Melalui Pendekatan Carrying Capacity di Kawasan Wisata Bukit Pergasingan Sembalun. Jurnal Ilmiah Hospitality. 10 (2)
[7] Mason, P. (2003). Tourism Impacts, Planning and Management. Diakses dari Universitas Pancasila Perpustakaan website: https://perpus.univpancasila.ac.id/EBUPT190269
[8] Vuuren, C. V. And E. Slabbert. 2011. Travel Motivation and Behavior of Tourists to A South African Resort. Internasional Confrence on Tourism Managements Studies. Algrave (1): 2-3.
[9] Wawan Setiawan. (2022). Persepsi Wisatawan Dalam Pengembangan Hospitality Wisata Alam Pendakian Jalur Sembalun Taman Nasional Gunung Rinjani. (skripsi). Diakses dari: http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/25606/2/M011181083_skripsi_02-12-2022%201-2.pdf
Published
2025-03-27
How to Cite
Zain, A., Gede, I., & Suteja, I. (2025). PENGEMBANGAN HOSPITALITY DENGAN PENDEKATAN KARAKTERISTIK PENGUNJUNG DI WISATA ALAM GUNUNG JAE. Journal Of Responsible Tourism, 4(3), 677-686. https://doi.org/10.47492/jrt.v4i3.3762
Section
Articles