STRATEGI PEMASARAN KAIN TENUN SONGKET SEBAGAI PRODUK WISATA ANDALAN DESA SUKARARA KABUPATEN LOMBOK TENGAH

  • Anggia Praba Putri Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
  • Sri Wahyuningsih Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
  • I Ketut Bagiastra Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
Keywords: Pemasaran, Kain Tenun, Desa Sukarara

Abstract

Tenun merupakan suatu produk yang mempresentasikan kebudayaan masyarakat khusus nya yang ada di desa sukarara lombok tengah. pengrajin mempromosikan kain tenun songketnya hanya mengandalkan wisatawan yang datang ke artshop mereka, harga yang ditawarkan juga masih terbilang murah karena tidak sesuai dengan lama pengerjaannya. harga pokok produksi yang digunakan dalam pentuan harga kain tenun songket ini dilihat dari harga bahan baku. Tujuan penelitian ini adalah Strategi Pemasaran Kain Tenun Songket Sebagai Produk Wisata Andalan Desa Sukarara Kabupaten Lombok Tengah. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengetahui Strategi pemasaran kain tenun songket sebagai Produk Wisata Unggulan di Desa Wisata Sukarara Kabupaten Lombok Tengah. Strategi pemasaran yang dilakukan oleh usaha kain tenun songket di Desa Sukarara Kabupaten Lombok Tengah ini belum dilakukan secara maksimal, sehingga masyarakat luar belum banyak mengetahui akan produk kain tenun songket ini

References

[1] Astuty, W. (2010). Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Pangsa Pasar Industri Kecil Pengolahan Ikan Di Sumatera Utara. In Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis (Vol. 10, Issue 2, pp. 4–31).
[2] Ayu Kuniawati Wibowo, „‟Strategi Pemasaran Hutan Pinus Pangger Sebagai Daya Tarik Wisata Dlingo Bantul Daerah Istimewa Yogyakart‟‟, Skripsi, Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yoyakarta, Yogyakarta 2017.
[3] Assauri,Sofjan. (2016). Strategic Management. Depok: PT Raja GrafindoPersada.
[4] Atmoko, T. P. H. (2018). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Di Cavinton Hotel Yogyakarta. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, 1(2), 83–96. https://doi.org/10.17509/jithor.v1i2.13769
[5] Denda Cita Kusuma, „‟Strategi Pemasaran Wisata Religi Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung (Studi Survey Di Masjid Kuno Bayan Belek)‟‟, Skripsi,Universitas Muhammadiyah Mataram, Mataram 2020.
[6] Dimas Handika Wibowo, dkk, ‟‟Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo)‟‟, Jurnal Administras Bisnis, Vol. 29 N0. 1 Desember 2015.
[7] Hidayatul Fitri, dkk, „‟Pola Manajemen Pemasaran Produk Industri Kain Tenun Songket di Desa Sukerare Kabupaten Lombok Tengah‟‟, Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol. 11, Nomor 2, Tahun 2019.
[8] Melong, L. J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
[9] Ririn Rambu Babang, dkk, ‟‟Strategi Komunikasi Pemasaran Sentra Tenun Prailiu dalam Meningkatkan Penjualan Kain Tenun Sumba Timur‟‟, Jurnal Komunikasi Nusantara, Vol. 1 No. 2 Tahun 2019.
[10] Kotler, P., & Keller, K. L. (2007). Manajemen pemasaran :terj. Benyamin Molan. Jakarta: Jakarta Indeks
[11] Kotler, P. (2000). Manajemen Pemasaran. London: London:Prencite-Hall
[12] Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2. Jakarta: PT Prenhallindo Luxfiana, P. (2018). PENGARUH PEMASARAN LANGSUNG, HARGA, DAN LOKASI
[13] TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SAPU (Studi Empiris pada Distributor
UMKM Sapu Sabar Subur di Palbapang Mungkid) (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).
[14] Purwana, Dedi dan Hidayat Nurdin. (2017). Studi Kelayakan Bisnis. Depok: Rajawali Pers.
[15] Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Tasik Malaya: Alfabeta Stanton, W. J. (1978). Pemasaran. Tokyo: Tokyo:McGraw-Hill.
[16] Swasta, D. B. (1996). Manajemen Pemasaran. Jakatra: Jakatra UNIVERSITAS TERBUKA. Solihin, Ismail. (2012). Manajemen Strategik. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Published
2024-12-27
How to Cite
Putri, A., Wahyuningsih, S., & Bagiastra, I. (2024). STRATEGI PEMASARAN KAIN TENUN SONGKET SEBAGAI PRODUK WISATA ANDALAN DESA SUKARARA KABUPATEN LOMBOK TENGAH. Journal Of Responsible Tourism, 4(2), 671-676. https://doi.org/10.47492/jrt.v4i2.3746
Section
Articles