PENGARUH KUALITAS PELAYANAN STAFF TERHADAP KEPUASAN TAMU DI HOTEL THE OBEROI BEACH RESORT LOMBOK

  • Muhammad Khairul Muhtariady Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
  • Lalu Yulendra Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
  • Lalu Mahsar Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
Keywords: Evaluasi, Pelayanan, Kepuasan tamu.

Abstract

Kualitas pelayanan adalah landasan utama mengetahui tingkat kepuasan tamu. Dalam hal ini perusahaan dapat dikatakan baik, jika bisa menyediakan barang atau jasa sesuai dengan keinginan tamu. Pelayanan (customer service) secara umum adalah setiap kegiatan yang diperuntukkan atau ditujukan untuk memberikan kepuasan tamu, melalui pelayanan ini keinginan dan kebutuhan tamu dapat terpenuhi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh kualitas pelayanan staff terhadap kepuasan tamu di hotel The Oberoi Beach Resort Lombok. Metode yang di gunakan pada penelitian ini adalah metode pendekatan kuantitatif, penelitian kuantitatif menjelaskan mengenai fenomena dengan mengumpulkan data numerik yang dianalisis menggunakan metode berbasis matematis. Hasil peneleitian ini bahwa bahwa hotel The Oberoi Beach Resort Lombok memiliki standart kerja yang sangat baik dan telah di aplikasikan oleh semua staff sesuai dengan SOP (standard operational procedure) yang di atur dalam LQA (Leading Quality Assurance). Bahwa dari hasil pembahasan, terbukti ada pengaruh yang signifikan terhadap kualitas pelayanan staff terhadap kepuasan tamu.

References

[1] Arianto, N. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan kepuasan dan loyalitas pengunjung dalam mengunkan jasahotel rizen kedaton Bogor. 1(2), 83–101.CV Alfabeta
[2] Budiaji, W. (2013). Skala Pengukuran dan Jumlah Respon Skala Likert. Jurnal Ilmu Pertanian dan Perikanan.
[3] Fandy, Tjiptono. 2016. Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta. Andi.
[4] Ghozali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
[5] Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
[6] Hasan, I. 2002. Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Ghalia Indonesia. Bogor.
[7] Indrasari, Meithana. 2019. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Yogyakarta: Unitomo Press
[8] Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (12th ed.). Jakarta: PT. Indeks
[9] Kotler Philip, 2016. Manajemen Pemasaran, Global Edition. Pearson Prentice Hall.
[10] Prakoso, P. A. (2017). Front Office Praktis. Administrasi dan Prosedur Kerja (1st ed.; Drs Daryanto, Ed.) Malang: PENERBIT GAVA MEDIA.
[11] Ratu, M. A., Sagay, B. A., & Manginsela, E. P. (2018). Tingkat Kepuasan Pengunjung Objek Wisata D‟mooat di Desa Mooat Kecamatan Mooat, Kebupaten Bolaang Mongondow Timur. Agri sosio ekonomi.
[12] Ruslan, R. (2017). Metode Penelitian Public Relation dan Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
[13] Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
[14] Sugiyono. 2017. Metode Penelitian bisnis pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
[15] Sulaiman, S., dan Kusherdyana. 2013. Pengantar statistika pariwisata. Bandung: Alfabeta.
Windasuri, H dan S. Hyacintha. 2017. Excellent Service. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Published
2024-11-30
How to Cite
Muhtariady, M., Yulendra, L., & Mahsar, L. (2024). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN STAFF TERHADAP KEPUASAN TAMU DI HOTEL THE OBEROI BEACH RESORT LOMBOK. Journal Of Responsible Tourism, 4(2), 627-638. https://doi.org/10.47492/jrt.v4i2.3693
Section
Articles