EKSISTENSI MAKAM PAHLAWAN NASIONAL TGKH. MUHAMMAD ZAENUDDIN ABDUL MADJID SEBAGAI DAYA TAARIK WISATA RELIGI DI DESA PANCOR KABUPATEN LOMBOK TIMUR

  • Supardi Supardi Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
  • I Made Murdana Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
  • Sri Wahyuningsih Sekolah TInggi Pariwisata Mataram
Keywords: Wisata Religi, Eksistensi, Daya Tarik Wisata.

Abstract

Lombok Timur merupakan salah satu kabupaten di provinsi NTB yang memiliki banyak potensi daya tarik wisata yang patut dikembangkan termasuk wisata religi. Tren wisata halal di pulau lombok saat ini sudah mulai berkembang dan banyak diketahui sebagian besar wisatawan dan industri pariwisata juga mendukung hadirnya wisata halal walaupun sebagian ada juga industri yang menolak atau tidak terima dengan branding tersebut. Hadirnya branding wisata halal memicu munculnya banyak destinasi wisata yang berbau religius dan dinaungi dengan branding wisata halal, termasuk  destinasi wisata religi makam Pahlawan Nasional Syaikh Zaenuddin Abdul Madjid yang berada di desa pancor. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan posisioning atau eksistensi wisata religi makam Pahlawan Nasional Syaikh Zaenuddin Abdul Madjid  berdasarkan teori para ahli serta identifikasi potensi daya tarik wisata religi di kawasan tersebut. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan induktif. Jenis data dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa posisioning dari kawasan makam sesuai dengan teori Butler (1980) dan berdasarkan hasil penelitian dilapangan, kawasan destinasi wisata religi ini berada pada tahap involvement  atau tahap pelibatan masyarakat, dimana pada tahap ini masyarakat sudah mulai banyak dilibatkan dalam mendukung kegiatan wisata pada destinasi tersebut,.

References

[1] Hu, Y., & Ritchie, J. R. B. (1993). Measuring Destination Attractiveness: A Contextual Approach. Journal of Travel Research, 32(2), 25–34.
[2] Davidson, R., & Maitland, R.. 1997. Tourism Destination. Houder & Stoughton: London
[3] Sedarmayanti, Sastrayuda, G.S & Afriza L. (2018).Pembangunan Dan Pengembangan Pariwisata.Bandung:Refika Aditama.
[4] Aryanti, D. (2017). Model Pengembangan Kawasan Makam Syekh Burhanuddin sebagai Kawasan Religi. Jurnal Rekayasa, 7(1), 27-42.
[5] Bagus, G. (2016).Pengantar Industri Pariwisata.Yogyakarta:Deepublish Yogyakata.Mudjia, R. (2011). Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif. Media Informasi Dan Kebijakan Kampus. http://repository.uin-malang.ac.id/1123
Published
2024-11-30
How to Cite
Supardi, S., Murdana, I., & Wahyuningsih, S. (2024). EKSISTENSI MAKAM PAHLAWAN NASIONAL TGKH. MUHAMMAD ZAENUDDIN ABDUL MADJID SEBAGAI DAYA TAARIK WISATA RELIGI DI DESA PANCOR KABUPATEN LOMBOK TIMUR. Journal Of Responsible Tourism, 4(2), 613-620. https://doi.org/10.47492/jrt.v4i2.3691
Section
Articles