KUALITAS MAKANAN DAN PELAYANAN MENJADI TOLAK UKUR KEPUASAN PENGUNJUNG DI PANTAI LOANG BALOQ
Abstract
Daya tarik wisata Pantai Loang Baloq merupakan salah satu pantai yang berada di Kecamatan Sekarbela, Kota Mataram. Daya tarik Pantai Loang Baloq yaitu terdapat lapak lapak pedagang kuliner yang menjajakan kuliner khas Sasak seperti pelecing maupun rujak, serta kuliner khas pesisir yakni ikan bakar dengan harga yang bervariatif. Pantai loang baloq terkenal akan kuliner ikan bakarnya sehingga banyak pengunjung yang datang untuk menikmati sajian ikan bakar ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh kualitas makanan dan kualitas pelayanan pedagang kuliner terhadap kepuasan pengunjung di Pantai Loang Baloq Kecamatan Sekarbela Kota Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif sebagai metode Penelelitian. Dengan Teknik analisis data berupa Regresi Linier Berganda. Hasil analisis menunjukan untuk Uji Parsial (T-test) diketahui bahwa nilai Signifikasi untuk variabel kualitas makanan sebesar 0,000 dan nilai t-hitung sebesar 4,739. Untuk variabel kualitas pelayanan nilai signifikasi sebesar 0,000 dan nilai t-hitung sebebsar 5,419. Sedangkan hasil analisi Uji Koefeisien Determinasi (R2), adalah sebesar 0,620 atau 62%. Sehingga berdasarkan hasil pengujian tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel kualitas makanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung. Secara bersama kualitas makanan dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung. Variabel kualitas makanan dan kualitas pelayanan memeiliki pengaruh yang cukup besar dalam memberikan kepuasan pengunjung.
References
[2] Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). A framework for marketing management. Prentice Hall.
[3] West, B. B., Wood, L., & Harger, V. F. (1966). Food service in institutions.
[4] Tjiptono, F., & Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik, Edisi 2, Yogyakarta, CV. Andi offset.
[5] Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa–Prinsip. Penerapan, dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta.
[6] Indrasari, M. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan: pemasaran dan kepuasan pelanggan. unitomo press.